Upacara Tantingan, Para Capaska Ditegaskan tentang Kesiapan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Sehubungan dengan surat dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Timur perihal hasil seleksi anggota Paskibraka Provinsi, Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Tuban mengantarkan Calon Anggota Paskibraka (Capaska) provinsi asal Bumi Wali diIslamic Center Surabaya, Senin (6/8/2018).

Sesampainya di lokasi, Capaska asal bumi wali, M.Arif Rahman dan Afidhotul Mahfudhoh melakukan pendaftaran ulang didampingi pembina dari Dinas Pariwisata,Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Tuban, Listyo Utomo selaku Kabid Kepemudaan.

Seusai melakukan registrasi, keduanya langsung berkumpul dengan perwakilan lainnya dari seluruh Kota maupun Kabupaten se-Jawa Timur. Total ada 74 perwakilan dari seluruh provinsi dan langsung berbaris melaksanakan upacara Tantingan.

Sesuai namanya "Tantingan", para Capaska di sini langsung ditanya kesiapannya sebagai Paakibraka. Di sela-sela upacara para pembina dari Provinsi melakukan perkenlan. Ada beberapa Pembina seperti Kabid Kepemudaan Dispora Jawa Timur, Haris, kemudian perwakilan dari Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal), Parno dan I Wayan dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Dalam sambutannya, Pembina PPI, Wayan langsung memberikan ketegasan terkait disiplin asrama. Sebab, ketika sudah masuk asrama yang bernama "Desa Bahagia" berarti sudah harus siap dengan segala peraturan.

"Saya beri waktu kalian untuk berpikiran selama 5 menit jika kalian ingin pulang maka silahkan ambil koper kalian dan segera kembali ke tempat kota atau kabupaten kalian," tegasnya. [nid/lis]