Pemkab Lamban Tangani Sampah, Warga Turun Sungai Mangunjoyo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-73, puluhan warga RT.02/RW.01 Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban turun Sungai Mangunjoyo di desa setempat, Senin (6/8/2018).

Mereka berbondong-bondong turun ke sungai untuk membersihkan sampah yang telah menumpuk bertahun-tahun di sungai hingga ketebalan mencapai sekitar satu meter lebih.

Saat dikonfirmasi, Joko Nuratno Widodo, selaku Ketua RT.02/RW.01 Kelurahan Karangsari mengatakan, aksi bersih-bersih sungai yang diikuti sekitar 50 warga dan nelayan Kelurahan Karangsari ini merupakan bentuk protes warga kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

"Ini dilakukan sebagai bentuk protes warga, karena Pemkab Tuban lamban untuk merealisasikan normalisasi sungai Mangunjoyo," kata Joko saat di lokasi sungai.

Menurutnya, Pemkab Tuban beberapa waktu lalu juga telah berjanji akan segera melakukan normalisasi sungai Mangunjoyo ini. Namun hingga hari ini belum merealisasikannya.

Dia menambahkan, selain sungai yang biasa digunakan bersandar perahu ini penuh dengan sampah. Pondasi Mandi Cuci Kakus (MCK) yang dibangun oleh warga setempat dengan swadaya juga retak tergerus air sungai serta endapan sampah yang bertahun-tahun menumpuk.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Pemkab Tuban segera melakukan normalisasi sungai yang sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. "Saya berharap Pemkab segera melakukan normalisasi sungai dan membuat pelindung MCK agar tidak terjadi resiko-resiko yang tidak diinginkan," pungkas Joko. [hud/rom]