Kualitas Bagus, Sapi Tuban Diburu Luar Daerah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa hari terakhir menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, warga luar daerah banyak memburu sapi dari Kabupaten Tuban. Mereka memburu sapi lokal Tuban guna untuk disembelih saat Hari Raya Idul Adha nanti.

Menurut keterangan Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pasar Hewan Tuban, Heri Wibowo, menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini banyak pembeli sapi dari luar daerah yang datang ke Pasar Baru Tuban untuk membeli sapi lokal.

"Beberapa hari terakhir ini banyak warga luar daerah yang datang ke pasar hewan untuk membeli sapi lokal Tuban, seperti dari Majalengka Jabar, Solo, Rembang Jateng serta kota sekitar Tuban," kata Heri kepada blokTuban.com.

Menurutnya, rata-rata saat ini sapi yang terjual setiap pasaran malah cenderung menurun hanya sekitar 300-400 ekor. Padahal sebelumnya bisa mencapai 700 ekor setiap kali pasaran. Hal itu berbanding terbalik dengan jumlah sapi yang masuk di Pasar Hewan Tuban menjelang Idul Adha.

"Sapi yang masuk meningkat 100 persen, dari yang biasanya 800 ekor sekarang sapi yang masuk bisa sampai 1.600 ekor setiap pasaran," ujarnya Heri.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban Imron Qolik saat dikonfirmasi mengatakan, memang setiap menjelang Hari Raya Kurban permintaan sapi selalu meningkat karena Kabupaten Tuban merupakan salah satu sentra sapi potong di Pulau Jawa.

"Sapi di Tuban kebanyakan merupakan sapi tanen atau dipelihara petani yang pakannya lebih dominan hijauan. Sehingga kalau ada sapi yg penampilannya gemuk maka dijamin kualitas daging tidak banyak lemaknya," pungkas Imron.[hud/col]