Tak Mudah Jadi Anggota Paskibraka

Reporter Nidya Marfis H. 

blokTuban.com-Upacara hari ulang tahun (HUT) atau detik-detik proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus tinggal menghitung hari. Menjelang upacara detik-detik proklamasi tersebut, salah satu yang sibuk adalah calon anggota Paskibraka( CAPASKA) mereka terus giat berlatih.

Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus nanti, mereka yang lolos seleksi dan menjalani pelatihan masih dinamakan CAPASKA. Pada waktu penugasan mengibarkan dan menurunkan bendera pada upacar tanggal 17 Agustus, mereka baru disebut Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA). Setelah 17 Agustus, sebutan mereka berubahy menjadi PURNA PASKIBRAKA.

Tessa Indira Febriana, CAPASKA yang berasal dari SMA Negeri 1 Tuban menuturkan, dia bisa terpilih menjadi CAPASKA setelah lolos tes Paskibraka. Sebelumnya, dia ikut tes di provinsi namaun tidak lulus, sehingga menjadi Paskibraka Kabupaten Tuban. 

Pada blokTuban.com, dia mengaku sejak terpilih menjadi CAPASKA 2018, dia sempat dikaran tina selama satu minggu di Kompi 521 untuk pelatihan fisik dan mental.

"Waktu awal pembukaan biasa aja pas. Pas sehabis pembukan tiba - tiba ada suara tembakan, terus merayap – merayap. Setelah, itu diajak ke pantai untuk ambil topi,’’ ungkap siswa berusia 17 tahun ini.

Dari sekian CAPASKA, Tessa yang ditunjuk sebagai pemegang nampan berisi bendera pusaka saat upacara nanti. Gadis manis dengan tinggi 175 cm itu juga menuturkan suka dukanya menjadi CAPASKA.

‘’Namun yang pasti seneng soalnya bisa terpilih menjadi CAPASKA. Walapun capek latihan, tapi banyak senengnya dari pada dukanya,’’ katanya.

Sama halnya dengan Tessa, M. Usamah Syabibi CAPASKA asal SMA Negeri 2 Tuban juga menuturkan sanggat bangga menjadi CAPASKA 2018.

‘’Pasti bangga bisa mewakili sekolah dan harapannya semoga waktu upacara berlangsung bisa lancar gak ada halangan apa pun,’’ harapanggota pasukan 8 ini.

Calon anggota Paskibraka Kabupaten Tuban merupakan siswa pilihan dari perwakilan sekolah SMA dan sederajat negeri dan swasta di Tuban. Mereka menjalani seleksi ketat sebelum dipastikan lolos dan menjalani pelatihan. Pengukuhan anggota Paskibraka akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus nati di Pendopo Kridomanunggal Tuban. [nid/ono]