Satu CJH Asal Tuban Meninggal Dunia Jelang Keberangkatan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Satu Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban dipastikan tidak bisa berangkat ke tanah suci pada, Selasa (31/7/2018) besok.

Satu jamaah tersebut adalah Karsimin (62), warga Desa Rayung, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Karsimin tidak bisa berangkat ke tanah suci lantaran meninggal dunia pada Kamis (26/7/2018) kemarin.

Kasi Pelaksana Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban, Umi Kulsum membenarkan adanya satu CJH tidak bisa berangkat ke tanah suci karena meninggal dunia pada Kamis kemarin.

"Secara resmi kami belum mandapatkan konfirmasi dari keluarga apa penyebab meninggalnya CJH itu," terang Umi saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Namun, masih kata Umi CJH yang usianya lebih dari satu abad tersebut saat menjalani rangkaian manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Tuban kondisinya sehat dan sudah siap berangkat.

"Sebelumnya CJH itu sehat dan bugar saat menjalani rangkaian manasik haji," lanjutnya.

Menurutnya, CJH yang namanya sudah tercatat dan meninggal tersebut dapat digantikan oleh ahli warisnya dengan regulasi melengkapi syarat dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk berangkat haji.

"Bisa digantikan oleh ahli warisnya, namun pihak ahli waris belum menyetorkan data pengganti," pungkasnya.[hud/ito]