Jelang Idul Adha, DPP Tuban Akan Maksimalkan Ceck Point

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban akan memaksimalkan Check Point pemeriksaan hewan yang berada di Kecamatan Jatirogo dan Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

"Kami akan maksimalkan Check Point yang berada di jalur perbatasan untuk mengetahui kesehatan hewan yang masuk ke Tuban," ujar Kepala DPP Tuban, melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Vetriner, Eny Dwi S saat ditemui di kantornya, Rabu (25/7/2018).

Lebih lanjut, Eny Dwi menambahkan dengan memaksimalkan Chek Point pemeriksaan hewan tersebut maka hewan dari luar daerah yang masuk ke Tuban akan bisa terdeteksi apakah mengidap penyakit yang berbahaya atau tidak.

"Di pos pemeriksaan itu hewan akan diperiksa, begitu juga dokumen-dokumen dari mana asal hewan itu," tambahnya.

Selain berguna untuk menghindari penyebaran penyekit pada hewan, pemeriksaan itu juga dinilai berfungsi untuk memberikan rasa tenang dalam mengkonsumsi daging hewan.

Diketahui, keberadaan Check Point pemeriksaan hewan sendiri berada di jalur perbatasan Jatirogo-Jateng tepatnya di Desa Kebunharjo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban sedangkan Check Point di Kecamatan Bancar berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar.[hud/ito]