Dua Siswa SD Asal Rengel Sabet 2  Medali O2DN Jatim

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com- Prestasi gemilang kembali diperoleh putra-putri Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban. Bagaimana tidak, 2 pelajar usia Sekolah Dasar (SD)  asal Renge menyabet 2 medali, yakni emas dan perunggu dalam event Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD dan SMP tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kedua pelajar tersebut adalah Satriyo Yudha, juara 1 tunggal putra asal SDN Sumberejo III dan Nadila Hafidah, juara 3 tunggal putri asal SDN Rengel I yang sama-sama terjun dalam O2SN Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat mewakili Kabupaten Tuban.

"Proses awal, ikut seleksi kecamatan dengan perguruan-perguruan lain untuk mewakili ke tingkat kabupaten. Berangkat mewakili kecamatan Rengel, dan bersaing dengan 19 peserta dari wilayah lain untuk mewakili Tuban ke tingkat Propinsi," ujar Official dan pelatih Dedy Sukrisno S. Pd kepada blokTuban.com, Rabu (25/7/2018).

Melalui tahap seleksi itulah Yudha dan Nadila yang keduanya berangkat dari perguruan pencak silat Pencak Organisasi (PO) itu akhirnya bisa maju dan berkompetisi, menunjukkan kebolehannya lewat seni tunggal di tingkat propinsi Jatim dengan berbagai proses yang telah dilalui terlebih dulu.

Pelatih dari Yudha dan Nadila yang akrab disapa Mas Dedy itu menambahkan, dari awal proses dua bocah usia SD tersebut memang telah aktif dan berlatih silat sejak duduk dibangku sekolah dasar kelas III lalu.

"Jadi baru sekitar tiga tahun mereka berlatih silat. Dan, alhamdulillah hasilnya memuaskan. Padahal sebelumnya juga gak narget kalau even O2SN yang pesertanya dari tiga puluh empat kota kabupaten itu bisa ambil juara," tambah dia.

Khusus untuk Satriyo Yudha yang mendapat medali emas, akan berangkat ke tingkat nasional untuk mewakili Jawa Timur pada 16 September 2018 nanti di Yogyakarta.

"Harapan kita, bisa lebih prestasi lagi di tingkat nasional,’’ harapnya.[feb/ono]