14:00 . Pemkab Dukung Kegiatan Survei Seismik 3D PHE TEJ di Tuban   |   13:00 . Tuban Butuh Data Terpadu Kemiskinan, Petugas Survei Harus Jujur   |   12:00 . Besok, Listrik Sekitar RSUD Tuban Padam 4 Jam   |   11:00 . Air Mineral Kemasan Mini Jadi Tren Suguhan Masyrakat   |   10:00 . Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM RI, Kunjungi WAE Lapas Tuban   |   09:00 . Sampah di Desa Ini Dipakai Bayar Asuransi   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   16:00 . Nelayan Tuban Ikuti Seminar Kebersihan Laut dan UKM   |   15:00 . Tudingan Penggelembungan Suara Pilpres, Ini Tanggapan KPU   |   14:00 . Struktural BPD Pongpongan Terbentuk, Ini Komitmennya   |   11:00 . TNI Polri dan Masyarakat Tuban Deklarasi Tolak Kerusuhan   |   10:00 . Sejumlah Progres Kilang Tuban Setelah Kunjungan Pemprov Jatim   |   09:00 . Diskoperindag Canagkan Program Berantas Rentenir   |   08:00 . Ini Komentar Warga Soal Jembatan Tuban-Bojonegoro   |   07:00 . 3 Rumus Jalani Lebaran Sehat   |  
Mon, 17 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 22 July 2018 15:00

Angkat Potensi Desa, Kades Boto Ajak Warga Swadaya

Angkat Potensi Desa, Kades Boto Ajak Warga Swadaya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dengan banyaknya potensi alam yang berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban yang belum begitu tertangani secara maksimal, pihak pemerintah desa (pemdes) setempat rupanya tak tinggal diam dengan keadaan itu.

Kepala Desa (Kades) Boto, Hartono dalam hal itu mengaku, bahwa pihaknya tengah berangsur menangani sedikit demi sedikit beberapa sektor potensi desa. Namun demikian, untuk melangkah dan meraih hasil terbaik dalam pengupayaan, Kades juga turut mengajak warga supaya andil dalam kegiatan desa.

"Untuk wisata disini memang belum kita berlakukan kontribusi, sebab aspek sarana prasarana belum memadai juga. Kami awali dengan merangkul rekan dan teman yang kiranya peduli akan komitmen bersama membangun desa," terang Hartono kepada blokTuban.com, Minggu (22/7/2018).

Terlebih lagi, sambung Hartono, kebutuhan desa yang juga tak sedikit mengharuskan semuanya wajib diperhatikan. Bagaimana kegiatan serta program desa bisa berjalan, tanpa mengganggu faktor lainnya.

Pihaknya merangkul semua elemen masyarakat untuk berswadaya, mengejar ketertinggalan dari desa maupun wilayah lain yang terlebih dulu melesat maju mengelola potensi lokalnya, dengan melakukan suatu kegiatan bersama seminggu sekali.

"Seperti saat ini, pengerjaan juga dilakukan warga dan perangkat desa. Warga saling swadaya dengan bantuan tenaga, pemberian bahan bangunan, ataupun memberi makanan bagi masyarakat yang sedang kerja," ulasnya panjang lebar usai mengerjakan penahan air dan membenahi aliran sungai Langse.

Selain itu, beberapa potensi alam lain seperti spot panjat tebing dan perbukitan yang memiliki nilai ekstrinsik nan cukup indah, masih menjadi PR Pemdes dan seluruh masyarakat.

"Memegang amanah desa, yang kita inginkan adalah membangun SDM terlebih dahulu. Jika warga mulai tumbuh kepedulian, apapun bisa diraih dengan mudah," pungkasnya. [feb/ito]

Tag : boto, semanding, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more