Angkat Potensi Desa, Kades Boto Ajak Warga Swadaya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dengan banyaknya potensi alam yang berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban yang belum begitu tertangani secara maksimal, pihak pemerintah desa (pemdes) setempat rupanya tak tinggal diam dengan keadaan itu.

Kepala Desa (Kades) Boto, Hartono dalam hal itu mengaku, bahwa pihaknya tengah berangsur menangani sedikit demi sedikit beberapa sektor potensi desa. Namun demikian, untuk melangkah dan meraih hasil terbaik dalam pengupayaan, Kades juga turut mengajak warga supaya andil dalam kegiatan desa.

"Untuk wisata disini memang belum kita berlakukan kontribusi, sebab aspek sarana prasarana belum memadai juga. Kami awali dengan merangkul rekan dan teman yang kiranya peduli akan komitmen bersama membangun desa," terang Hartono kepada blokTuban.com, Minggu (22/7/2018).

Terlebih lagi, sambung Hartono, kebutuhan desa yang juga tak sedikit mengharuskan semuanya wajib diperhatikan. Bagaimana kegiatan serta program desa bisa berjalan, tanpa mengganggu faktor lainnya.

Pihaknya merangkul semua elemen masyarakat untuk berswadaya, mengejar ketertinggalan dari desa maupun wilayah lain yang terlebih dulu melesat maju mengelola potensi lokalnya, dengan melakukan suatu kegiatan bersama seminggu sekali.

"Seperti saat ini, pengerjaan juga dilakukan warga dan perangkat desa. Warga saling swadaya dengan bantuan tenaga, pemberian bahan bangunan, ataupun memberi makanan bagi masyarakat yang sedang kerja," ulasnya panjang lebar usai mengerjakan penahan air dan membenahi aliran sungai Langse.

Selain itu, beberapa potensi alam lain seperti spot panjat tebing dan perbukitan yang memiliki nilai ekstrinsik nan cukup indah, masih menjadi PR Pemdes dan seluruh masyarakat.

"Memegang amanah desa, yang kita inginkan adalah membangun SDM terlebih dahulu. Jika warga mulai tumbuh kepedulian, apapun bisa diraih dengan mudah," pungkasnya. [feb/ito]