Tiga Tahun Terakhir Peminat SMK di Tuban Selalu Naik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Tuban, rupanya cukup diminati. Selama tiga tahun terakhir lulusan sekolah menengah pertama (SMP) yang memilih ke sekolah menengah Kejuruan (SMK) grafiknya terus naik.

Berdasarkan data Rombongan Belajar (Rombel) SMK Negeri di Tuban menyebutkan, pada tahun ajaran 2016/2017 peserta didik yang memilih SMK Negeri mencapai 101 rombel. Di tahun ajaran baru berikutnya meningkat 10 rombel.

"Di tahun ajaran 2017/2018, atau yang sekarang kelas XI jumlah rombel SMK Negeri di Tuban mencapai 111 rombel," terang Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Kacabdindik) Wilayah Kabupaten Tuban, Edy Sukarno kepada blokTuban.com, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Sukarno, hampir semua jenis jurusan ada peminatnya. Bahkan peserta didik tahun ajaran baru 2018/2019 naik lagi dari 111 rombel menjadi 116 rombel.

"Sedangkan total peserta didik baru tahun ini mencapai 4.176 siswa," imbuh mantan kepala SMA Negeri 1 Montong ini.

Sedikit diketahui, jumlah lembaga SMK Negeri di Tuban ada 9 sekolah. Sedangkan lembaga yang memiliki rombel terbanyak ada dua, yakni SMK Negeri 1 dan 2 Tuban dengan total 54 rombel di masing-masing sekolah. Sementara yang paling sedikit adalah SMK Negeri Palang dengan jumlah 17 rombel. [rof/mu]