Perlu Teliti, Begini Tips Budidaya Lele Agar Tak Mati

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ ‎Meskipun bisa meraup omzet puluhan juta setiap panennya, Agribisnis Restar Lele di Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel rupanya memiliki tahapan khusus tentang bagaimana merawat bibit-bibit lele supaya tumbuh dengan baik dan memiliki ukuran yang pas.

‎Ditemui blokTuban.com di lokasi kolam penangkaran milik Wahyudi, Juwari (51) yang biasa merawat puluhan ribu bibit Lele setiap harinya menuturkan bagaimana repotnya menjaga bibit lele usia 1 bulan untuk tumbuh dengan baik.

"Lele itu lumayan susah. Repotnya kalau beri makan harus pas, kelebihan nggak baik, kekurangan juga nggak baik. Lele bisa mati," papar Juwari di tengah aktivitasnya memberi makan lele, Senin (9/7/2018).‎

Sejumlah 40.000 bibit Lele lebih berada di restar yang diberi sekat untuk membedakan usia Lele, diberikan satu karung pakan berisi 30 kilogram yang habis dalam dua hari. Adapun takaran vitamin dan cairan untuk menjaga kestabilan suhu ikan tetap sehat berada di penangkaran.

"Ada cairan EM4 yang harus dioplos dengan vitamin agar memberi nutrisi dan menjaga ikan tetap pada suhu aman," tambahnya.

‎Selanjutnya, jika tak ada kendala berarti seperti turun hujan dadakan ataupun hal lain yang dapat menyebabkan lele mengapung dan mati mendadak, ikan-ikan tersebut banyak diburu agen atau penjual dari berbagai wilayah. [feb/col]