Jelang Tahun Ajaran Baru, Penjual Alat Tulis Diserbu Pembeli

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang pergantian Tahun Ajaran Baru 2018/2019, penjual peralatan sekolah di pasar baru Tuban banyak diburu pembeli. Pembeli yang didominasi wali murid tersebut banyak yang membeli peralatan tulis untuk kebutuhan sekolah anaknya di tahun ajaran baru 2018/2019.

Selain itu, dari pantauan blokTuban.com di lokasi, di antara beberapa pembeli tersebut juga ada yang melakukan pembelian peralatan tulis dengan jumlah yang banyak untuk dijual kembali dirumah.

Seperti halnya salah satu pembeli, Bu Dian (36), dia mengaku beberapa minggu terakhir ini pembeli peralatan sekolah terus semakin banyak. Oleh karenanya setiap dua atau tiga hari dia selalu datang ke pasar baru untuk membeli peralatan tulis dengan jumlah yang banyak untuk di jual lagi.

"Ini saya beli peralatan tulis seperti buku, kotak tempat pensil serta pensil dan yang lainya dengan jumlah banyak untuk saya jual lagi," ujarnya saat ditemui blokTuban.com, Kamis (5/7/2018).

Sementara itu salah satu pedagang di pasar baru Tuban Soimah (32) menjelaskan, akhir-akhir ini penjualan peralatan tulis terus meningkat. Bahkan dalam sehari, penjual yang berada didekat pintu masuk pasar tersebut bisa menjual hingga 3500 pak/lusin buku.

"Setiap hari kami terus mendatangkan pasokan dagangan peralatan sekolah terutama buku yang paling banyak diburu," jelas Soimah.

Soimah menambahkan, pada moment pergantian tahun ajaran baru seperti ini, dia bisa meraup keuntungan kotor antara 70-100 juta perhari. Meningkat 10 kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa. "Penghasilan kotor perhari bisa sampai 70-100 juta pada moment tahunan seperti ini," tandasnya.

Lebih lanjut, menurut Soimah ramainya pembeli peralatan tulis ini kemungkinan akan terus berlangsung hingga nanti sekolah tahun ajaran baru 2018/2019 masuk.[hud/ito]