Jaga Ekosistem, Prodi Biologi Unirow Bersihkan Pantai dan Tanam Mangrove

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Keindahan alam dan keseimbangan ekosistem pantai dipercayai dapat menjaga keberlanjutan kehidupan masyarakat sekitarnya. Alam yang indah bisa dapat dijadikan sumber ekonomi warga untuk sektor pariwisata.

Komponen biotik (hidup) dan komponen abiotik (tak hidup) yang berada di wilayah pantai menjadi sebuah kunci utama bagi bisnis pariwisata pantai. Setiap orang maupun kelompok memiliki tanggung jawab dan diharuskan menjadi contoh yang dapat menjaga kelestarian lingkungan.

Namun sebaliknya, jika alam ini rusak, yang rugi juga manusia sendiri. Anak cucu yang tidak tahu menahu ikut jadi korbannya, akibat ulah tangan yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mewujudkan hal itu, Program studi (Prodi) Pendidikan Biologi Unirow Tuban mengadakan kegiatan konservasi lingkungan di pantai cemara wilayah Jenu, Tuban, Sabtu (30/6/2018) pagi.

Kegiatan sosial bertajuk revitalisasi lingkungan menuju hidup lebih baik itu, melibatkan 60 mahasiswa dan 6 dosen. Selain membersihkan sampah di bibir pantai cemara, juga ada penanaman pohon mangrove.

"Kegiatan rutin ini setiap semester dilakukan prodi pendidikan biologi, dalam rangka revitalisasi lingkungan menuju kelestarian lingkungan," kata rektor Unirow, Supiana Dian Nurtjahyani, Sabtu pagi.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, kegiatan 'clean and green' ini sendiri dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai. Dari pantauan media ini, mahasiswa tanpa canggung mengumpulkan sampah plastik yang mencemari keindahan pantai.

"Selain menjaga keseimbangan lingkungan, upaya ini untuk mengaplikasikan pengembangan ilmu biologi, serta merupakan wujud kontribusi positif perguruan tinggi untuk masyarakat Tuban dan sekitarnya," pungkas Dian, sapaan akrabnya. [rof/rom]

mangrove-tb