Sukses Panen, Peminat Tanam Buah di Plumpang Diprediksi Naik

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Melimpahnya hasil tanam buah-buahan, seperti semangka, melon, dan blewah di desa-desa wilayah Kecamatan Plumpang beberapa waktu lalu, membuat para petani bersemangat tanam buah lagi.

Para petani di Desa Jatimulyo, Bandungrejo, Magersari, Klotok, beserta desa lain Kecamatan Plumpang yang sukses menambah pemasukan lewat tanam buah mengaku sangat puas oleh kualitas dan hasil panen.

"Tanam semangka dan buah lain bulan lalu sukses keras. Apalagi bertepatan dengan cuaca yang mendukung. Sepertinya bakal banyak peminat tanam buah tahun depan," ujar Iswanto, petani di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Jumat (29/6/2018).

Menurutnya, selain jenis tanah yang cocok untuk buah-buahan, adanya suplai air dari sumber maupun sungai terdekat menjadi faktor penunjang keberhasilan panen. Selebihnya, kebutuhan pasar akan buah-buahan yang tinggi ketika bulan puasa lalu juga menjadi berkah bagi petani buah.

"Semoga tanam buah berikutnya lebih ramai dan sukses lagi. Lalau saat ini sudah habis buahnya, alih tanam padi," imbuhnya.

Petani lain, Miftakhul dari Desa Jatimulyo, Kecamatan Plumpang juga menuturkan hal sama. Usai sukses panen buah melon yang menjadi selingan tanam padi di sawahnya, dia juga berniat mempersiapkan segala keperluan tanam buah agar memiliki kualitas yang lebih baik.

"Panen lalu cukup bagus, meski hamanya juga banyak. Tanam buah selanjutnya akan lebih diperhitungkan lagi semuanya, biar tambah mantap," ungkapnya. [feb/col]