Pemilik Kaki Warga Plumpang Pasca Diamputasi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Potongan kaki manusia bagian kiri yang ditemukan di pantai turut Dusun Dasin, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada, Kamis (28/6/2018) sore kemarin, kini telah terungkap siapa pemiliknya.

Berdasarkan keterangan dari Kapolsek Jenu, AKP Elis Suendayati, potongan kaki manusia yang sempat menggegerkan warga tersebut ternyata milik salah satu warga Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban yang dibuang atau dilarung dilaut pasca diamputasi.

"Setelah kita selidiki, siang tadi kita berhasil menemukan keluarga dari pemilik potongan kaki itu," ujar Kapolsek Jenu saat ditemui blokTuban.com, Jumat (29/6/2018).

Lebih lanjut, mantan Kasubag Humas Polres Tuban itu menambahkan, jika saat ini pemilik potongan kaki yang sudah berusia sekitar 60 tahun tersebut masih menjalani rawat inap di RSUD dr. Koesma Tuban. Karena hari Rabu (27/6/2018) kemarin kakinya diamputasi karena sakit diabetes.

"Kami tegaskan bahwa potongan kaki itu bukan hasil dari tindak kejahatan," tegasnya.

Kapolsek juga mengatakan, bila keluarga dari pemilik potongan kaki itu membuang potongan kaki di laut dekat Terminal Baru Tuban, dengan maksud agar penyakit yang diderita pemilik potongan kaki itu diangkat dan ikut hanyut ke laut.

Sementara itu pendamping keluarga, Sugeng Wahono membenarkan jika pembuangan atau larung potongan kaki tersebut dilakukan oleh suami dari pemilik potongan kaki itu, dengan harapan agar penyakit tersebut hilang dan tidak kembali lagi.

"Kemarin Rabu sekitar pukul 09.00 dilakukan amputasi lalu sore sekitar pukul 15.30 dilarung di laut, karena dari kepercayaan keluarga dengan dilarung di laut penyakitnya akan cepat sembuh," kata Sugeng.

Sugeng menambahkan, setelah ini potongan kaki yang saat ini berada di RSUD tersebut akan dibawa pulang lalu dikubur di rumah.[hud/col]