Masyarakat Masih Ramai Kunjungi Makam Pencipta Salawat Badar

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Salawat Badar merupakan sebuah syiar yang tak asing lagi bagi masyarakat muslim, khususnya warga nahdliyin. Kendati demikian, tak banyak yang tahu bahwa tokoh penggubah salawat badar kini bersemayam di mana.

Adalah KH. Ali Manshur yang makamnya berada tepat satu lokasi dengan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Syi‎'ar Islam, Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Makam yang berada di sebelah utara mushala MTs itu masih terawat dengan baik oleh masyarakat sekitar beserta para santri yang bermukim di wilayah pesantren.

"Setiap malam Jumat, siang habis Jumatan makam ini selalu ramai dikunjungi santri dan warga sekitar," terang Sahal (21), pemuda setempat yang ditemui blokTuban.com di lokasi, Jumat (29/6/2018).

Pemuda‎ yang juga pernah belajar agama kepada sang penggubah syiar salawat badar itu juga menambahkan, selain hari khusus antara Jumat, para peziarah juga ramai berdatangan pada bulan-bulan tertentu yang berasal dari wilayah Banyuwangi dan sebagian wilayah Jawa Tengah.

"Kita tetap menjaga ‎dan memelihara tradisi, sebagai bentuk rasa hormat kepada beliau. Semoga tradisi semacam ini tetap utuh untuk spirit kita," pungkasnya. [feb/rom]