Pemdes dan KPPS Kendalrejo Berikan Doorprize ke Semua Warga DPT

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Meningkatkan antusiasme warga agar andil penuh dalam penentuan kepala daera bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Kendalrejo, Kecamatan Soko ini misalnya.

Merangkul warga supaya berbondong menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat, dan tak melakukan aktivitas Golput, Pemdes dan KPPPS desa tersebut menberikan sejumlah Doorprize menarik yang diundi paska prosesi pencoblosan usai. Tak hanya itu saja, berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Kendalrejo yang berjumlah total 1726 orang itu, semua yang hadir diberikan souvenir.

Kepala Desa (Kades) Kendalrejo, Moh. Sihabuddin, Spd. I usai menerima pendistribusian logistik surat suara mengungkapkan bahwa hal tersebut sudah dianggarkan dalam APBDes sebelumnya.

"Sebagai pancingan daya minat masyarakat yang datang ke TPS agar meningkat, minimal tujuh piluh persen Mas," papar Kades Kendalrejo kepada blokTuban.com, Selasa (26/6/2018).

Daya minat masyarakat yang kadang sulit untuk hadir dan memilih para calon pemimpin daerah, sambung Kades yang ramah itu, ditekan dengan cara pemberian souvenir kepada semua DPT yang hadir, juga doorprize untuk warga yang beruntung.

"Kita kadih souvenir untuk warga yang hadir, seoerti sabun dan hadiah kecil lainnya," tambah Kades.

Adapun anggaran dana yang dikeluarkan Pemdes dan KPPS Kendalrejo untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) pada Rabu (27/6/2018) besok berjumlah Rp6.000.000. Jumlah itu dibagi rata ke 4 TPS desa tersebut yang masing-masing diberikan Rp1.500.000 untuk keperluan souvenir.

Warga yang beruntung juga bisa membawa pulang doorprize hadiah berupa barang atau alat kebutuhan sehari-haru mulai dari yang berharga Rp70.000, Rp80.000, Rp100.000, hingga Rp150.000.

"Anggaran untuk souvenir memang kecil, tapi nilai untuk menarik minat masyarakat semoga berhasil," tukasnya.

Dari hal tersebut, pihak Pemdes beserta KPPS desa setempat berharap agar persentase minat masyarakat untuk hadir ke TPS semakin meningkat. Mengingat lagi, Desa Kendalrejo juga mendapat predikat tertinggi di wilayah Kecamatan Soko dalam hal keikutsertaan warga saat Pemilihan Bupati (Pilbup) beberapa tahun yang lalu. [feb/col]