Menyingkap Rahasia Pacaran

Peresensi : Yayang Artamia

Tentang Penulis

Syarifudin Saafa

Lahir di Buton, sulawesi Tenggara, 19 Juni 1975. Pendidikan tinggi diselesaikan di Fakultas Teknik, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Pria baya ini sarat dengan pengalaman berorganiasasi, antara lain pernah sebagai Ketua Umum Badan Tazkir Fatek Unsrat (1996-1997), Ketua Umum Badan Tadzkir Unsrat (1997-1998), Ketua Umum LPP PKS Kota Manado (2004), Direktur Lembaga Pelatihan Madani, Wakil Direktur YLPDI Ar-Ribath (2002-sekarang), pendiri Forum Kreativitas Remaja Muslim, Penasihat KAMMI Daerah Sulut (2001-2003), Penasihat HIPMI Buton (2002-2004), Ketua Persaudaraan Masyarakat Islam Sulut, Aktivis Dakwah di Sulawesi Utara. Saat ini penulis bekerja di PT. Radio RAL Manado.

Sinopsis buku

Buku yang berjudul Menyingkap Rahasia Pacaran ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran setiap pembaca sehubungan dengan pacaran yang telah menjadi sesuatu yang “luar biasa”. 

Sekapur Sirih

Jalinan cinta dan kasih sayang antara pasangan muda-mudi yang dikemas dalam bentuk pacaran di asumsikan memiliki konotasi negatif. Lebih-lebih di era keterbukaan dan kebebasan sekarang ini. Perilaku pacaran dirasa kurang jika belum melakukan hubungan intim yang tentunya menyimpang dari etika dan moral. Seperti yang terlihat sekarang ini,banyak remaja yang menganggap pegangan tangan, ciuman, dan lebih dari itu hanya hal yang biasa dan bahkan mereka mewajibkan, karena jika itu tidak di lakukan sepasang remaja maka proses pacaran mereka tidak lengkap. Dengan mudahnya mereka mengatakan bahwa hal tersebut tidak mengundang dosa.

Dampak pacaran yang paling gencar di perbincangkan adalah saat sepasang remaja memutuskan untuk menjalin hubungan, maka mereka akan terjerumus pada perzinaan. Sabda Nabi SAW.:

Sesungguhnya Allah telah menetapkan atas anak Adam bagian dari zina. Ketetapan itu pasti mengenainya, tidak boleh tidak. Maka, zina kedua mata adalah melihat, zina lisan adalah berbicara, dan zina hati adalah berangan-angan dan berhasrat. Kemaluan kemudian membenarkan dan mendustakan semua itu. (HR. Abu Daud)

Adapun yang tertulis di buku ini mencakup :

Memahami Makna Pacaran

Pacaran di Sekitar Kita

Pacaran di Kalangan Aktivis

Proses Terjadinya Pacaran

Proses Pertama: Pertautan

Proses Kedua: Perkenalan

Proses Ketiga: Pendekatan

Proses Keempat: Pengungkapan

Proses Kelima: Keintiman

Ragam Alasan Berpacaran

Alasan Penjajakan

Alasan Jodoh

Alasan Motivasi

Alasan Berbagi Rasa

Alasan Kedewasaan

Alasan Finansial

Alasan Mencari Kesenangan

Alasan Dakwah

Dampak Pacaran

Perzinaan

Prestasi Anjlok

Pergaulan Sosial Terbatas

Kebebasan Dan Kemerdekaan Pribadi Berkurang

Pemborosan Waktu

Pemborosan Uang

Konflik

Fitnah

Kebahagiaan Rumah Tangga Terganggu

Penutup

Jatuh Cinta Berjuta Rasanya

Jatuh Cinta Adalah Fitrah

Jatuh Cinta Sebagai Ujian Iman

Mengatasi Dorongan Berpacaran

Kelebihan buku :

- Bahasa yang digunakan mudah di pahami

-Terdapat gambar yang mendukung sehingga tidak bosan untuk membacanya

- Mencakup banyak hal yang bisa menambah wawasan bagi para remaja

Kekurangan buku :

- Warna kertas cetak yang membuat mata lelah