Liburan, Puncak Tapan Ramai Didatangi Wisatawan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Libur panjang pertengahan tahun 2018 ini menjadi waktu luang bagi masyarakat umum untuk pergi plesir. ‎Terdapat banyak lokasi wisata baru yang berada di berbagai wilayah Kabupaten Tuban. Salah satunya adalah puncak Tapan, Kecamatan Grabagan.

Lokasi wisata alam berbalut nuansa religi yang terletak di puncak tertinggi Kabupaten Tuban, tepatnya Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan itu juga ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah luar Tuban.

Juru Kunci yang juga sebagi pengelola wisata bukit Tapan, Warjito (40) mengatakan jika sejak hari pertama lebaran sampai minggu ini, ribuan pengunjung dari kota tetangga seperti Lamongan, Gresik, dan Bojonegoro beramai mendatangi ‎lokasi puncak tapan.

‎"Sedangkan dari dalam Kabupaten Tuban, kebanyakan dari Kecamatan Jenu, Jatirogo, dan kecamatan sekitar Grabagan sini," ungkap Juru Kunci yang kerap disapa Mbah Jito itu.

Meskipun puncak Tapan merupakan wisata yang terbilang baru di kalangan umum, namun berdasarkan data yang merujuk pada penjualan tiket wisata, rata-rata pengunjung di saat lebaran ini sedikitnya 300 pengunjung berdatangan kesana.

"Paling ramai pas hari libur, hari Minggu‎ seperti ini. Bahkan pada hari Minggu lalu, sekitar tujuh ratus lebar tiket terjual," pungkasnya kepada blokTuban.com, Minggu (24/6/2018).

Di samping itu, wisata yang dikelola secara bersamaan antara Karang Taruna (Kartar), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Pemerintah Desa (Pemdes) Ngandong itu juga tengah dilakukan penambahan bangunan. Guna meningkatkan kenyamanan pengunjung, pengelola membuat taman, berikut wahana bermain anak-anak yang saat ini masih dalam proses pengerjaan. [feb/ito]