Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Setelah sebulan lamanya berpuasa, diharapkan umat muslim tidak berlebihan dalam merayakan lebaran. Termasuk berlebihan soal makanan, sebab ceritanya akan beda ketika bisa menahan diri untuk menjaga pola makan. 

Untuk itu menjaga pola makan saat lebaran ini, sangat penting. Jangan sampai pasca lebaran nanti beberapa penyakit menjangkiti tubuh kita semua. 

Seperti yang diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Endah Nurul K. kepada blokTuban.com terkait hal ini. Pihaknya berharap umat muslim yang merayakan lebaran jangan sampai lapar mata. 

"Saya harap tidak lapar mata, agar makan secukupnya. Sebagaimana kita diajarkan berhenti makan sebelum kenyang," ucap Endah.

Wanita yang juga aktif di organisasi masyarakat Muslimat NU Tuban itu memberi tips agar hidup tetap sehat. Terutama untuk selalu komunikasi sayur dan buah. 

"Perbanyak porsi sayur dan buah daripada nasi dan lauk," pinta wanita ramah itu. 

Selain itu, kita semua ditekankan agar menghindari bagian daging yang berlemak, baik daging sapi, kambing atau pun ayam. Ia berujar, lebih sehat makan daging ayam tanpa kulit.

"Batasi makanan minuman yang tinggi kandungan gulanya. Termasuk lagi lemak dari santan, biasanya menu lebaran akrab dengan santan, kare, opor, dan lain sebagainya. Boleh, tetapi dibatasi jumlahnya," pungkasnya dengan tersenyum. [rof/lis]