Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Kuota haji Kabupaten Tuban pada 2018 sebanyak 1011 jemaah. Jumlah ini dipastikan naik dibanding tahun sebelumnya.

Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kantor Tuban, Umi Kulsum mengatakan, penambahan kuota haji berlaku secara nasional. Seperti diketahui pada 24 Desember 2017 lalu telah dilaksanakam pertemuan antara Kementerian Agama dan Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi di Jeddah.

"Kuota haji Tuban ada 1011 jamaah. Jumlah tersebut termasuk petugas haji yang menyertai," kata Umi, sapaan karibnya. 

Kuota haji tahun ini dikatakan mengalami peningkatan sekitar 0,9 persen dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2017 kuota haji Tuban hanya mencapai sekitar 913 jemaah, kini kuota haji mencapai 1011 jemaah.

Diulas wanita yang juga ketua Pimpinan Cabang Fatayat Tuban itu, jemaah yang lunas tahap I, 959 jemaah. Sedangkan dari Lansia dan usulan terdapat 46 jemaah, jadi totalnya 1005 jemaah. 

"Yang 6 orang, dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD)," imbuhnya.

Diberitakan blokTuban.com sebelumnya, kuota haji Tuban ditetapkan 1042 jemaah. Namun beriring waktu terdapat mutasi kular dan mutasi masuk. Hingga awal Juni didapati 1011 jemaah yang akan berangakat ke tanah suci. [rof/col]