Prakiraan Cuaca di Tempat Rukyatul Hilal Hujan Lokal, Kemenag Tuban Tak Masalah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Rukyatul hilal awal bulan Syawal 1439 H akan dilaksanakan sore ini, Kamis (14/6/2015). Tim badan hisab rukyat (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) kantor Tuban akan melaksanakannya di menara pantau hilal, Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Tuban. 

Hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan akan dilaporkan ke Kemenag Pusat untuk diputuskan dalam sidang isbat penentu Hari Raya Idul Fitri 2018.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Tuban memperkirakan sebagian daerah Tuban diguyur hujan siang hingga sore hari.

Informasi yang dihimpun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebutkan, dua kecamatan di Tuban bagian selatan diprediksi akan terjadi hujan lokal. Termasuk lokasi rukyatul hilal, yaitu Senori. 

Kendati begitu, Kepala Kemenag Tuban tidak mengambil pusing. Sebab sesuai data yang dimiliki, tinggi hilal berada di atas ufuk. 

"Meski hujan sudah bisa diprediksi bahwa hari raya bisa dipastikan besuk hari Jumat (15/6/2018), karena posisi hilal berada di atas ufuk," kata Sahid kepada blokTuban.com, Kamis (14/6/2018).

Proses pemantauan hilal awal bulan Syawal nanti akan dilaksanakan mulai pukul 16.00 WIB, yang akan diawali pemaparan posisi hilal terlebih dahulu. Diungkapkan Sahid, diperkirakan tinggi hilal di atas 7 derajat. 

"Tinggi hilal diperkirakan di atas 7 derajat," pungkasnya menandaskan. [rof/col]