Gringsing, Tradisi Tahunan Warga Pesisir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tradisi Gringsing, merupakan tradisi turun-temurun tahunan yang hingga saat ini masih dilakukan oleh sebagian warga pesisir di Kabupaten Tuban menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dari pantauan blokTuban.com, tradisi unik mengganti tanah kuburun bagian atas dengan pasir kasar yang diambil dari pantai tersebut masih tampak dilakukan oleh sebagian warga di area makam Randu Gedhe, Kelurahan Kingking, Kabupaten Tuban.

Menurut salah satu warga yang ditemui blokTuban.com, Rudi mengatakan, tradisi turun temurun setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri tersebut sebagai bentuk berbakti sang ahli waris kepada leluhur yang telah meninggal.

"Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian masyarakat melakukan tradisi gringsing," ujarnya usai meletakkan pasir di atas makam.

Terpisah warga lain Sukamto, mengatakan hal senada dengan Rudi, menurutnya selain agar makam tampak bersih tradisi tahunan ini juga sudah dilakukan sejak dari dulu.

"Tradisi ini hanya dilakukan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, dan tradisi ini sudah sejak dulu ada," jelasnya.

Diketahui, sebelum ahli waris melakukan tradisi ini mereka terlebih dahulu memanjatkan doa agar amal ibadah ahli kubur mereka diterima oleh Allah SWT.[hud/col]