Jajanan Astor Masih Diminati untuk Suguhan ‎Lebaran

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Tak terasa waktu terus berlalu. Tiga hari lagi ramadan akan meninggalkan ‎seluruh umat islam, untuk kemudian digantikan dengan Lebaran Idul Fitri yang disambut suka cita banyak orang.

Berbicara t‎entang lebaran, banyak hal yang tak bisa lepas dari kesan hari penuh maaf ini. Salah satunya adalah hidangan camilan dan makanan ringan lebaran.

Meskipun telah banyak beredar aneka kreasi kue-kue lebaran yang kekinian, jajanan kering yang masih eksis di masyarakat umum adalah astor.

Siapa yang tak tahu astor? Banyak dari masyarakat umum mesti tahu tentang cita rasa olahan kue kering berbentuk wafer pipa panjang itu. Dengan balutan cokelat di dalam tubuh astor, makanan legenda itu masih jadi juara favorit hidangan masyarakat umum ketika lebaran.

"Paling laris ya jajan astor ini. Sehari bisa laku paling sedikit lima, sampai paling banyak 20 astor kemasan kaleng," ujar Rini, penjual makanan ringan di Pasar Plumpang.

Tak hanya laris di pasar tradisional, jajanan astor juga ramai diburu pembeli di sebuah minimarket terkemuka di Widang. Dalam stok jajanan lebaran dua hari sekali, kue astor diminati berbagai kalangan.

"Kalau menjelang lebaran ini, astor kemasan toples besar itu laris dibeli pengunjung yang datang," kata kasir minimarket, Oky kepada blokTuban.com, Selasa (12/6/2018). [feb/mu]