Grup dari 3 Kabupaten Meriahkan Festival Tongklek

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Semarak gema Ramadan di wilayah Kecamatan Plumpang, dirayakan dengan diadakannya Festival Tongklek yang dimeriahkan sejumlah grup tongklek dari 3 kabupaten, meliputi Kabupaten Tuban, Bojonegoro, dan Lamongan.

Agenda yang digagas Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Plumpang dan dipusatkan di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang itu memiliki rute start mulai dari halaman Masjid Ali Madra'i Klotok, kemudian mengelilingi jalan desa setempat, dan finish di tempat semula.

Dengan mengenakan beragam jenis busana tradisional dan pernik aksesoris lainnya, grup-grup tongklek telah siap mendendangkan lagu-lagu beserta syair sholawatnya. Panitia acara juga menyiapkan sejumlah uang pembinaan berikut trophy bagi pemenang Festival Tongklek.

Ketua panitia, Moh. Ansoruddin usai pelaksanaan Festival Tongklet tadi malam, Senin (11/6/2018) mengucapkan banyak terimakasih kepada para peserta yang berkenan hadir dalam Festival itu. Tak lupa pihak-pihak pendukung yang turut mensukseskan acara, mulai dari Pemerintah Desa (Pemdes) Klotok, Forpimka Plumpang, serta masyarakat umum dengan antusias luar biasanya mendukung acara tersebut.

"Selain untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan, tujuan kita juga untuk saling silaturahmi antar warga Kecamatan Plumpang yang kebetulan saat ini dipusatkan di Desa Klotok," ujar Ansoruddin kepada blokTuban.com.

Pasca diadakan acara Festival yang menunjukkan sisi kesenian berbasis tradisional itu, besar harapannya di kemudian hari, masyarakat di Kecamatan Plumpang lebih kuat mencintai kesenian lokal itu.

"Semoga antusias dan andil masyarakat terhadap budaya tongklek ini tetap terjaga. Lebih suka, lebih suka akan budaya sendiri. Alhamdulillah peserta yang hadir ada 20 grup yang sengaja kita pilih dari 3 Kabupaten," pungkas ketua panitia yang juga menjabat sebagai Ketua Kartar Kecamatan Plumpang itu. [feb/ito]