22:00 . DPT-HP Tahap II Naik 0,01 Persen   |   21:00 . Terjerat Kasus Pengroyokan, Usai Akad Nikah Pria Ini Kembali Dibui   |   20:00 . Komunitas Tuban Today, Gotong Royong untuk Misi Sosial   |   19:00 . Hari Pertama, Peserta Tes SKD hanya 21 Orang yang Lolos Passing Grade   |   18:00 . Sah Jejaka dan Perawan Menikah   |   17:30 . Bupati Berharap Kilang Rosnef Segera Terealisasi   |   17:00 . Pakai Gas untuk Melaut, Nelayan Mengaku Lebih Irit   |   16:30 . Nelayan Tuban Terima Bantuan Mesin Perahu dari Menteri ESDM   |   16:00 . Menteri ESDM Serahkan 200 Paket Konverter Kit ke Nelayan Kecil   |   15:00 . Mantab...! Cobain Becek Togek Khas Pohan   |   14:00 . Jejaka dan Perawan Tua Ini Menikah di Hari Jadi Tuban   |   13:00 . KPUD Tuban Tetapkan DPT-HP Tahap II Sebanyak 940.284   |   12:00 . Wajib Tau! Pilih Ban Jenis Rainy untuk Musim Hujan   |   11:00 . 12 Pasang Pengantin jalani Nikah Masal   |   10:00 . Begini Sejarah Holcim di Indonesia   |  
Wed, 14 November 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 07 June 2018 09:00

Berpuisi di Hari Kartini

Berpuisi di Hari Kartini

Oleh : Nurul Hidayatin

blokTuban.com – Pagi yang cerah itu semakin meriah, saat alunan musik dimainkan musik band Veramos. Band dari sekolah SMK Manbail Futuh. Pentas band ini membuat suasana sekolahan semakin ramai, menjelang lomba puisi dalam rangka peringatan hari Kartini.

Hari Kartini yang diperingati oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi perempuan pada tanggal 21 April. Kartini merupakan perempuan Indonesia yang menjadi tonggak kebangkitan seluruh perempuan Indonesia. Akan tetapi di sekolah kami peringatan hari Kartini dilaksanakan pada bulan Mei.

Tepat hari Sabtu peringatan hari Kartini dilaksanakan di halaman SMK Manbail Futuh. M. Syaroful Minan Kepala Sekolah SMK Manbail Futuh mengatakan, Kartini merupakan salah satu pahlawan Indonesia yang menjembatani kebangkitan para perempuan. Karena itu, para perempuan harus bersemangat dalam segala hal.

‘’Terlebih kita harus bersemangat dalam menuntut ilmu, jangan mau kalah dengan yang laki-laki,” ujarnya.

Tahun ini acaranya beda dengan tahun-tahun yang lalu. Sebelumnya, hari Kartini diperingati dengan menyelenggarakan fashion show, tahun ini diselenggarakan dengan variasi yang lain. Salah satunya dengan menambah kegiatan literasi. Sebagai bentuk pengembangan literasi sekolah setelah SMK Manbail Futuh menjadi salah satu penerima program Pertamina Peduli Literasi (Pertalit).

Para siswa membaca; seperti buku bacaan, buku pengetahuan umum, koran-koran serta majalah. Siswa digiring membaca buku-buku di perpustakaan. Lalu, mereka diminta untuk membuat puisi dengan judul terserah mereka. Sesuai dengan keinginan siswa.

Dengan membaca buku dan melihat suasana pada saat itu, menambah coretan-coretan mereka untuk menciptakan puisi tersebut. Lalu siswa membacakan puisi tersebut di depan dewan juri serta teman-teman mereka.

Peringatan hari Kartini itu diikuti oleh seluruh kelas X dan kelas XII. Yang tampil untuk membacakan puisi adalah perwakilan dari masing-masing kelas. Dengan gaya bahasa mereka masing-masing dan gaya tubuh mereka yang menghipnotis para dewan juri.

Ada yang sebelum tampil peserta tersenyum karena puisi yang akan mereka tampilkan dengan bahasa yang lucu. Terlebih peserta laki-laki. Selesailah sudah seluruh peserta menampilkan puisi yang sudah mereka buat.

Rekap nilai dilakukan oleh para dewan juri. Mereka mendiskusikan siapa saja yang mendapatkan juara. Juara pertama diraih oleh kelas XI RPL yang menampilkan puisi yang menarik perhatian dewan juri. Acara itu untuk menambah wawasan dan ilmu akan pentingnya literasi.

Jadi jangan bosen-bosennya dalam membaca, dengan maka ilmu kita dan bertambah dan semakin luaskan wawasan dan ilmu yang akan kita dapatkan. Serta dengan membaca, kita akan mudah melaksanakan segala hal.[*]

*Pengirim adalah Kader Literasi Program Pertalit SMK Manbail Futuh, Jenu

 

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:00

    Gowes 3Th blokTuban.com Berkarya dan HJT ke-725

    Dirut BMG Canangkan Gowes Jadi Bagian Program HJT

    Dirut BMG Canangkan Gowes Jadi Bagian Program HJT Di bawah naungan blokMedia Grup (BMG),  blokTuban.com telah 3 tahun lebih mempersembahkan berbagai sajian informasi di Bumi Wali, Kabupatem Tuban. Pada rangkaian menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, juga dikemas...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more