Warga Pra Sejahtera Ring 1 Pelabuhan Semen Gresik Mulai Cairkan BPNT

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan warga pra sejahtera di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban mulai mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Senin, (04/6/ 2018). Sejak pagi, mereka berbondong-bondong untuk mencairkan bantuan pengganti Rastra tersebut melalui Agen BNI 46 yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) setempat.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Socorejo ada sekitar 186 KK Non PKH. Sedang bagi penerima PKH sebanyak 126 KPM.

"Untuk hari ini sekitar 128 orang sudah bisa mencairkannya di BUMDesa Socorejo," terang Kaur Kesra, Ririn Kristanti, Senin (4/6/2018).

Sementara bagi yang belum menerima Kartu ATM, lanjut Ririn, mereka sudah di usulkan ke Dinas Sosial Kabupaten Tuban. Rencananya dalam waktu dekat ini data susulan sudah bisa menerima Kartu ATM-nya masing-masing.

"Sebelum data dikirimkan ke Dinas Sosial, kita sudah berkoordinasi dengan Ketua RT dan Kepala Dusun setempat. Harapannya dengan koordinasi bersama, data yang dikirimkan ke Dinas Sosial benar-benar akurat dan tepat sasaran," jelas Kasi Kesra yang murah senyum itu.

Satu di antara ratusan warga pra sejahtera di ring 1 Pelabuhan Semen Gresik (Semen Indonesia) Warsini, usai mengambil bantuan pangan tersebut mengaku bersyukur. Sebab beras yang diterimanya diklaim berkualitas dan layak konsumsi.

"Saya menerima beras 7Kg dan Telor 1,5 Kg. Alhamdulillah kualitas berasnya bagus, layak untuk dimakan. Beda dengan yang dulu-dulu, berasnya jelek. Lumayan bisa dipakai untuk makan sehari hari," tutur Warsini dengan raut muka sumringah.

Di lokasi yang sama, Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim saat dikonfirmasi mengklaim, penyaluran BPNT kali ini beda sistemnya. Kualitas beras dipastikan lebik bagus dibanding beras Rastra yang sebelumnya karena langsung ditangani oleh BUMDesa setempat.

Selain itu dengan melibatkan BUMDesa, diharapkan juga bisa memberi keuntungan. Sehingga efek yang dihasilkan, program pemberdayaan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan baik.

"Semoga bantuan ini bisa memberi manfaat kepada warga Socorejo," Pungkas Kang Arief sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, bahwa bagi keluarga Pra Sejahtera mulai bulan Juni ini akan menerima BPNT sebesar Rp110.000 /bulan. Program yang dulu bernama Program Raskin (Beras Miskin) agau Rastra ini, bertujuan untuk meningkatkan ketahananan pangan keluarga miskin dengan harapan, kehidupan mereka bisa semakin layak. [rof/ito]