Ramadan Penjualan HP Lesu, Diprediksi Naik Jalang Lebaran

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebagian pemilik usaha penjualan Handphone (HP) di belahan Tuban selatan memprediksi penjualan HP akan meningkat saat menjelang lebaran. Prediksi tersebut mengacu pada tahun-tahun sebelumnya.

Qosim Junaidy misalnya, pemilik toko HP di daerah Bangilan ini mengaku, selama awal ramadan hingga pertengahan bulan, penjualan masih lesu. Baru tampak naik, dalam beberapa hari terakhir ini.

"Awal puasa hingga pertengahan justru cenderung turun, dan mulai hari ini grafik penjualannya merangkak naik," kata Junaidy, saat ditanya blokTuban.com, Sabtu (2/6/2018).

Awal bulan puasa, lanjut dia, untuk bisa menjual lima unit saja sangat susah. Namun hari-hari ini bahkan bisa jual lebih dari lima unit.

Ia yakin semakin mendekati hari raya penjualan semakin membaik. Apalagi, Tunjangan Hari Raya (THR) juga akan dicairkan.

"Diprediksi mendekati lebaran akan tinggi permintaan barangnya," katanya penuh harap dan yakin.

Sementara itu, penjual HP lain yang ditemui wartawan media ini di wilayah Jatirogo awal ramadan hingga pertengahan, mengaku juga tampak sepi peminat HP baru di konternya.

"Cenderung ramai tahun lalu penjualannya," tutur Ucup (25), penjual HP di Jalan Raya Timur No. 13, Kecamatan Jatirogo.

Dijelaskan Ucup, jika ramai penjualan HP di tokonya bisa mencapai 25-30 unit per hari. Namun saat ini, rata-rata hanya mampu menjual 10 unit.

"Mungkin berbarengan dengan tahun ajaran baru kali ya," pungkasnya menandaskan. [rof/rom]