Harga Bawang Merah di Pedagang Kian Melambung

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Komoditas bahan dapur jenis bawang merah ‎kecil, di kalangan pedagang dan pengecer memiliki harga yang cukup tinggi.

Pedagang tengkulak keliling yang berada di Desa Mentoro, Kecamatan Soko, Siti mengungkapkan bahwa harga bawang merah per kilo gram (Kg) saat ini masih di angka RP 27000 dari pedagang besar.

"Sebelumnya, harga bawang merah hanya lima belas ribu sekilo. Sekarang malah mahal," ujar Siti, pedagang asal Desa Prambontergayang kepada blokTuban.com, Sabtu (2/6/2018).

‎Dari penuturannya, harga tersebut bisa terus naik sewaktu-waktu. Apalagi, menjelang pekan-pekan Hari Raya Idul Fitri, harga diperkirakan semakin naik. Sebab, kebutuhan dan permintaan warga akan bumbu dapur itu semakin banyak untuk tasyakuran rutin.

‎Di sisi lain, seiring harga ‎bawang merah yang terus naik, harga bawang putih pun mengalami nasib yang berbeda. Jika dulunya per Kg bawang putih seharga Rp 7000, saat ini turun menjadi Rp 5000 per Kg.

"Harga naik turun itu lumrah. Ya semoga saja ‎rejeki orang-orang tetap bagus saat menjelang lebaran. Biar gak sampai ngeluh kalau harga-harga kebutuhan dapur naik," pungkasnya. [feb/ito]