Ramadan, Ikan Asap Laris Manis

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Bulan ramadan pedagang ikan asap menuai berkah, pasalnya penjual lauk pauk yang memiliki protein tinggi itu semakin ramai diserbu pembeli.

Salah satu pelaku usaha ikan asap di Dusun Beron, Desa Punggulrejo, Kecamatan Soko, Muftakhul Arifin (64) mengatakan, dalam sehari ikan-ikan asap jenis ikan manyung, ikan Pe, Togek, dan lainnya bisa laku 300 ekor.

"Hari biasa bisa laku sekitar dua ratus sampai dua ratus lima puluhan ekor ikan asap. Sedangkan bulan puasa ini, sehari bisa jual tiga ratus ekor lebih malah," ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (1/5/2018).

Lelaki yang sudah menggeluti usaha ikan asap sejak 21 tahun lebih itu juga menambahkan, selain berjualan tepat di depan rumahnya yakni di sekitar aliran Sendang Beron, bersama istrinya, Umi Jahro juga berjualan ikan asap di pasar tradisional.

Tak tanggung-tanggung, jika mau mengeluarkan tenaga lebih, mereka mampu menjual berbagai jenis ikan asap sampai 1 kuintal per hari yang rata-rata dibeli oleh warga sekitar Kecamatan Rengel, atau pengendara yang melintas.

"Seringnya pengguna jalan yang rombongan dari Lamongan, Jombang, Malang dan daerah kota sebelah timur Tuban, sering beli ikan asap lumayan banyak. Sayang tenaga sudah mulai berkurang," pungkasnya. [feb/col]