48 Grup Ikuti Festival Tongklek

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 48 grup musik tradisional tongklek dari wilayah di Kabupaten Tuban, mengikuti festival tonglek yang diselenggarakan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tuban.

Festival tongklek dengan mengusung tema 'Melestarikan Tradisi, Menyemai Toleransi di Era Modernisasi' tersebut, diberangkatkan langsung oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dari start Alun-alun Kabupaten Tuban, Rabu (30/5/2018) malam dan berlangsung sampai Kamis (31/5/2015) dinihari menjelang waktu sahur.

Bupati menyampaikan, rasa kebanggaanya kepada IPNU dan IPPNU Cabang Tuban, yang telah secara istiqomah menggelar festival tongklek seperti ini sejak hampir 20 tahun lalu.

"Saya bangga dengan anak-anakku dari IPNU dan IPPNU Cabang Tuban, karena telah istiqomah mengadakan festival seperti ini," ujar Bupati saat sambutan.

Bupati menambahkan, festival tongklek seperti ini mempunyai beberapa manfaat yang positif. Di antaranya adalah untuk menguri-uri atau melestarikan seni budaya tradisional yang dari tahun ketahun mengalami pergeseran.

Sementara itu, Ketua PC IPNU Tuban, Sutrisno saat dikonfirmasi blokTuban.com mengungkapkan, bahwa festival tonglek ini sudah menjadi kegiatan rutin IPNU dan IPPNU Cabang Tuban dari sejak tahun 90 an.

"Diselenggarakannya festival tonglek ini untuk melestarikan budaya di Tuban. Salah satu budaya musik untuk membangunkan orang waktu sahur, atau yang dikenal dengan sebutan tonglek," kata Sutrisno.[hud/ono]