Pelaku Tak Segan-Segan Lukai Korban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengatakan, ketiga pelaku kejahatan Pencurian disertai dengan Kekerasan (Curas) yang berhasil ditembak mati oleh petugas kepolisian Polres Tuban, selama ini melakukan aksinya dengan modus membuntuti korban usai mengambil uang tunai dari bank.

Setelah itu, masih kata Kapolres sesampainya di jalan yang sepi korban lalu dihadang dan dihentikan oleh pelaku. Kemudian, barang berharga milik korban serta uang bernilai jutaan rupiah yang dibawa  korban dirampas pelaku.

“Modus operandi ketiga pelaku yakni, dengan memantau  dan membuntuti korbannya yang saat itu sedang mengambil uang tunai dari bank,” ujar Kapolres Tuban.

Kemudian apabila korban tidak menyerahkan barangnya, maka pelaku mengancam korban dengan mengggunakan senjata api dan senjata tajam. Di samping itu, pelaku juga tidak segan-segan melukai korbannya yang melawan.

Lebih lanjut, menurut Kapolres dalam aksinya di empat Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah hukum Polres Tuban pelaku berhasil menggondol uang ratusan juta dari korbannya. “Dalam empat TKP di Kabupaten Tuban itu pelaku sudah berhasil mencuri ratusan juta dari korbanya,” tambah Kapolres.

Dari tangan ketiga pelaku, petugas berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) berupa satu pucuk senjata rakitan dan tiga butir amunisi, satu pucuk senjata jenis FN serta tujuh butir amunisi, sebilah sajam jenis clurit, sebilah sajam jenis sangkur,  dua unit sepeda motor satu HP samsung dan uang tunai Rp25 juta.

Diketahui dalam penggrebegan di tempat persembunyian pelaku di wilayah Kecamatan Benowo, Kabupaten Gresik pada, pukul 03.35 WIB  Rabu (30/5/2018) tersebut petugas Resmob Satreskrim Polres Tuban terpaksa melakukan tindakan tegas, yakni dengan melakukan penembakan kepada ketiga pelaku, lantaran mereka berusaha melawan saat hendak ditangkap.[hud/col]