Bupati Instruksikan OPD dan Camat Punya Inovasi

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda menyatakan, pemkan hendaknya menjadi pelayan masyarakat yang terbaik. Salah satu indikator pelayanan masyarakat adalah indeks kepuasan masyarakat (IKM). Pemkab Tuban meraih predikat baik.

"Kita tidak boleh puas dengan hanya baik, tetapi harus sangat baik," ujarnya, saat berkunjung ke desa agrowisata Glagahsari, Kecamatan Soko.

Oleh karena itu, Fathul Huda menginstruksikan,  semua orgaisasi perangkat daerah (OPD) dan Camat agar mempunyai terobosan atau inovasi. Tidak hanya menjalankan program atau kegiatan yang sama setiap tahun. Inovasi bisa mendorong percepatan pembangunan dan pengembangan masyarakat.

Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan program unggulan di masing-masing OPD atau kecamatan.Potensi produk unggul dan wisata di tiap-tiap desa harus dioptimalkan. Desa Glagahsari salah satu contohnya.

"Warga Glagahsari mampu menciptakan kondisi desa yang asri, tidak ada sejengkal tanahpun yang tidak ditanami,” kata dia.

Sementara Camat Soko Suwito, menyatakan, mayoritas penduduk di wilayah kerjanya berprofesi sebagai petani kebun belimbing dan jambu. Luas lahan mencapai 54,8 hektar.

Setiap tahun, lanjut dia, dapat dipanen 100 ton buah belimbing, dan 80 ton jambu biji. Sebaran pasarnya ke wilayah Bojonegoro, Lamongan, Tuban, dan Kota Surabaya.

Melihat potensi tersebut, pihaknya bersama tim Pokja Kembangsoko Bumi Wali, melakukan pendampingan dan  pemberdayaan BUMDes.

‘’BUMDes juga mengelola beberapa potensi wisata di Kecamatan Soko,’’ jelasnya.

Mantan Camat Grabagan ini menambahkan, wilayahnya  mendapat nilai IKM 78,29, yang merupakan peringkat kedua IKM Kecamatan se Kabupaten Tuban.[ono]