Cita Rasa Khas, Rokok Tingwe Tetap Jadi Pilihan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Rokok berbalut filter maupun kretek tembakau yang dijual sembarang toko maupun pasar umum, sudah tak asing lagi dikalangan masyarakat umum kita. Selain produk rokok lokal hingga yang terkenal, adapun sebagian masyarakat memilih untuk menikmati rokok dengan tembakau Tingwe.

Tingwe yang merupakan singkatan dari kata 'Gelinting Dewe' (linting sendiri), masih banyak diminati kalangan umum di Tuban. Cita rasa dan sensasi yang diberikan rokok Tingwe, menjadi satu dari banyaknya alasan mereka memilih rokok tersebut.

Salah satu penjual tembakau dan alat-alat bahan Tingwe asal Dusun Siwalan, Desa Glagahsari, Kecamatan Soko dalam hal itu mengungkapkan bahwa pembeli yang memesan tembakau kemasannya tak hanya dari kalangan dewasa dan tua.

"Peminat tembakau Tingwe juga banyak didominasi para pemuda," ujar Rozik kepada blokTuban.com, Rabu (23/5/2018).

Lelaki kelahiran 24 tahun silam itu juga menambahkan, selain harga yang cukup terjangkau dan menekan pengeluaran lebih minim, penggemar rokok Tingwe juga memiliki sensasi dan kesukaan tersendiri saat merokok dan berbaur dengan lingkungan.

Berbagai sensasi dan cita rasa saat merokok Tingwe, memiliki perbedaan yang cukup jauh ketimbang rokok dengan kemasan pack yang dijual bebas.

Adapun harga per kemasan tembakau, mulai harga Rp6.000 sampai puluhan ribu rupiah. Tergantung kemasan dan jenis tembakau yang diminati. Jenis tembakau juga memiliki beberapa varian rasa, seperti rasa Marlboro, Surya, dan rasa Mild.

"Seperti ukuran kecil ini, sebungkus hanya enam ribu bisa buat berhari-hari. Lebih murah jika dibanding dengan rokok kemasan pada umumnya," ringkasnya. [feb/col]