Ngabuburit dengan Membaca dan Bercerita

Repoter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Ngabuburit ala Kader Literasi program Pertamina Peduli Literasi (Pertalit) tentu beda. Ini ditunjukkan Kader Literasi dari MTs Manbail Huda, Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu. Kader Literasi di sekolah ini menggerakkan kegiatan yang disebut Kampung Berkah Ramadan. Salah satu kegiatannya adalah membaca dan bercerita.

‘’Kegiatan ini diinisiasi oleh kami, pemuda Karang Taruna dan guru-guru di lingkungan Yayasan Manbail Huda,’’ ujar Rohmatul Fitriyah, salah satu Kader Literasi MTs Manbail Huda,’’ Senin (21/5/2018).

Dalam kegiatan ini, kader penggerak Literasi Pertalite bekerjasama dengan Karang Taruna desa setempat, menciptakan budaya baru bagi lingkungan sekitar dalam berkegiatan menunggu saat berbuka puasa tiba.

Jika biasanya anak – anak banyak yang mengisi waktunya dengan menonyon TV atau bermain game dengan gadget mereka, dengan adanya program ini, mereka mengisi waktunya dengan membaca. Kemudian, bagi anak yang mampu menceritakan apa yang telah mereka baca kepada teman-teamannya, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi agar lebih rajin lagi membaca banyak buku.

‘’Kami menyediakan hadiah berupa voucer yang bisa ditukar dengan aneka makanan dan minuman yang dijual di Bazaar Kampung Berkah Ramadan,’’ ini jelasnya.

Walaupun kegiatan itu masih berskala lokal di seputar Desa Kaliuntu, Beji dan sekitarnya, Fitri berharap inisiatif kecil yang muncul tersebut mampu memberi secercah harapan bagi generasi muda. Mereka menjadi lebih mencintai buku dan memperbanyak wawasan serta pengetahuan yang bermanfaat dengan membaca.

‘’Harapannya, membaca menjadi kebutuhan bagi masyarakat, khususnya untuk anak-anak,’’ katanya.

Karena kegiatan ini, setiap sore di Desa Kaliuntu terlihat semarak. Selain anak-anak yang membaca, warga lain juga beraktifitas di lokasi kegiatan. Ada yang jualan aneka makanan, sedang warga lain berdatangan untuk memberi.[ono]

 

ngabuburit literasi_1