Jadi Tempat Ngabuburit, Pertigaan Pasar Soko Ramai Tiap Sore

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Menunggu datangnya waktu berbuka puasa di sore hari atau disebut Ngabuburit, berbagai tempat di wilayah Kecamatan Soko selalu ramai dibanjiri masyarakat umum. Seperti yang tampak di pertigaan patung, Pasar Tradisonal Sokosari.

Dari sore hari lepas adzan Ashar, penduduk sekitar mulai memadati pusat pemerintahan‎ Kecamatan Soko itu. Banyak dari warga yang berdagang dadakan, seperti menjual aneka makanan, lauk pauk, aneka minuman dingin, dan jajanan lainnya disana.

Tak hanya pedagang, warga lain yang berkendara motor baik tua, muda, maupun anak-anak juga terlihat santai memadati area pasar. Mereka berburu jajanan takjil, berkumpul santai dengan teman sebaya, ‎juga sekadar jalan-jalan sore menikmati suasana Ramadan yang tentu beda dari biasanya.

"Ini sedang cari minuman buat buka puasa. Ramai begini, juga asyik buat santai. Apalagi ada hiburan oklik," kata warga sekitar, Puji (20) ‎saat berada di lokasi sekitar pasar, Senin (21/5/2018).

Di sisi barat pertigaan memang terdapat segerombol anak-anak, dan pemuda yang sedang memainkan alat musik tradisional‎ dengan dibarengi dendangan salawat.

Salah satu personel tampak berkeliling mengitari warga yang memadati lokasi itu. Disodorkannya kotak kardus, berharap ada yang memberi recehan.

"Kalau setiap hari ramai dan ada hiburannya begini, jelas bakal rindu ketika Ramadan pulang terlewati,"‎ pungkasnya. [feb/col]