Gerakan Beli Beras Petani Lokal Untuk Zakat Fitrah Butuh Regulasi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Memasuki hari keenam puasa Ramadan 1439 H / 2018 M, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tuban mengimbau masyarakat membeli beras petani lokal untuk kebutuhan zakat fitrah. Sebab menurutnya, gerakan beli beras petani lokal efeknya luar biasa, demi kelancaran ekonomi di bawah.

"Pada prinsipnya gerakan tersebut (beli beras petani lokal, red) positif dan sangat membantu petani," kata Kepala DPKP Tuban, Murtadji kepada blokTuban.com, Senin (21/5/2018).

Artinya, pembelian tidak tersentral pada pihak-pihak tertentu (seperti tengkulak). Menurut mantan Camat Bancar itu, sebaiknya gerakan ini sudah selayaknya mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemerintah.

"Gerakan ini sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah kepada Petani. Sekaligus upaya untuk menekan import beras," tukasnya.

Bahkan yang diungkapkan Murtadji, gerakan positif ini perlu didukung dengan regulasi yang memadai. Supaya dapat segera dijalankan.

"Alangkah lebih baiknya, didukung pula oleh regulasi yang memadai, agar gerakan ini dapat berjalan. Sehingga tidak hanya sebatas slogan atau imbauan semata," pungkasnya menandaskan. [rof/col]