Semarakan Ramadan, Kartar Plandirejo Gagas Festival Tongklek

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Menyambut semarak suka cita datangnya bulan suci Ramadan serta upaya pelestarian budaya tradisional tongkel, pemuda Karang taruna (Kartar) Bina Taruna, Desa Plandirejo, Kecamatan Plumpang menggagas festival Tongklek se-Kabupaten Tuban.

‎Dalam pelaksanaannya, kegiatan yang berhadiah jutaan rupiah itu nanti memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh para peserta seperti; menggunakan alat kentongan minimal 5 buah, tak menggunakan alat musik modern, grup asli Kabupaten Tuban, satu grup berisi 20 anggota maksimal dan lainnya.

"Selain memperkenalkan Desa plandirejo ke tingkat kabupaten lewat festival tongklek, kita juga turut serta menghibur masyarakat desa setempat dan desa sekitar," ujar sekretaris acara, Washilul Arkham kepada blokTuban.com, Sabtu (19/5/2018).

‎Sementara itu, rencana festival yang akan digelar pada tanggal 2 Juni 2018 mendatang dengan rute start lapangan umum Desa Plandirejo dan finish di lapangan bola volly Desa Plandirejo itu telah dibuka sejak akhir bulan April sebelum puasa lalu.

"Ini yang sudah daftar dan konfirmasi pasti ada 5 peserta mas, dan kemungkinan terus bertambah," pungkasanya. [feb/ito]