14:00 . Pemilu 2019, NasDem Target 100 Kursi DPR RI   |   13:00 . Sudah Langganan Parkir? Jangan Bayar Lagi di Jukir   |   12:00 . Hadapi Celebest FC ini Susunan Pemain Persatu   |   11:00 . Surya Paloh: Baru 7 Tahun, NasDem Tak Kalah dengan Partai 50 Tahun   |   10:00 . Surya Paloh Hadiri Acara Temu Kader 4 Kabupaten di Tuban   |   09:00 . Pondasi Jembatan Tergerus Air, Akses Roda Empat Ditutup   |   08:00 . Manajer Persatu Rilis Jadwal Putaran 8 Besar Liga 3   |   07:00 . Marah Tak Selalu Negatif, Ini 4 Manfaat Positifnya   |   22:00 . Pohon Tumbang Karena Akar Ditebang?   |   22:00 . Mobil Ringsek Akibat Tertimpa Pohon   |   21:00 . Harap Ada Perhatian Pada Pohon yang Berpotensi Tumbang   |   20:00 . Di Tuban Kota, Ada 2 Pohon Tumbang   |   19:00 . Hujan dan Angin, Mobil di Jalan Basuki Rahmad Tertimpa Pohon   |   15:00 . Listrik Padam, Air PDAM di Sebagian Wilayah Tuban Tak Mengalir   |   12:00 . Hari Terakhir Pemutihan, Pelayanan di Samsat Membludak   |  
Mon, 17 December 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 17 May 2018 08:00

Rubrik Khusus Bulan Ramadan

Kajian Kitab Klasik dan Cerita Seputar Santri

Kajian Kitab Klasik dan Cerita Seputar Santri

Redaksi

blokTuban.com – Ramadan telah tiba (Marhaban Ya Ramadan). Bulan penuh Rahmat dan Maghfirah (ampunan). Semoga kita bisa melewati dengan amalan yang bisa menyebabkan kita terhindar dari siksa api neraka, Amiin.

Segenap redaksi blokTuban.com (blokMedia Group) juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1439 H./2018 M. kepada blokers, pembaca setia, serta semua umat muslim.

Perlu diketahui, selama bulan puasa, redaksi akan mengajak blokers untuk mengkaji kitab klasik (Kitab Kuning) layaknya tradisi di pesantren. Kajian kitab klasik, adalah tajuk yang kami buat, dan akan dipublikasikan setiap hari pukul 16.00 WIB, sambil menanti datangnya waktu buka puasa.

Sekilas mengenai kajian kitab klasik, redaksi akan menyajikan isi yang terkandung dalam kitab “Idhotun Nasyiin” karangan ulama besar Musthafa Al-Ghalayani. Kitab yang membahas tentang akhlaq, etika, dan kemasyarakatan.

Kitab atau buku yang ditulis seorang pemikir dan reformisi ini, berisi bimbingan untuk generasi muda muslim ‘Jaman Now. Dengan harapan menjadi manusia seutuhnya, berhiaskan akhlaq terpuji dan mengerti permasalahan yang dialami bangsa.

Di dalam pengantar buku, pengarang menyebut, jika kitab Idhotun Nasyiin merupakan kumpulan nasihat berharga yang pernah ditulis di Koran Al-Mufid, dengan judul Nasihat Untuk Generasi Muda, di bawah asuhan Abu Fayyadh.

Pada masanya, artikel tersebut cukup menyita pembaca. Memiliki kesan positif dan pengaruh luar biasa. Sehingga, sebagian besar pembacanya mengusulkan agar artikel itu dibukukan, dicetak, dan diedarkan ke kalangan luas. 

“Setelah saya memahami keinginan mereka itu, maka saya bertekad mengedarkan nasihat-nasihat tersebut di kalangan generasi muda umat dewasa ini. Dengan harapan, semoga dapat menjadi penerang dan petunjuk bagi mereka,” kata Asy-Syekh Musthafa Al-Ghalayani (Bairut-1913) di bagian pengantar.
 
Dalam menyajikan konten kitab klasik, redaksi menggunakan panduan kitab yang sudah diterjemahkan oleh H.M. Fadlil Said An-Nadwi pada tahun 1421 H. Buku tersebut diterbitkan oleh Al-Hidayah Surabaya.

Yang kedua adalah cerita seputar santri di bulan Ramadan. Bagi Anda yang pernah nyantri, pasti mempunyai cerita-cerita yang unik, lucu, mengharukan, konyol, menginspirasi dan lain sebagainya. Kisah yang ditulis dengan renyah ini bisa dinikmati setiap pukul 13.00 WIB.

Kami, sudah mengumpulkan beberapa cerita-cerita dari kalangan santri terkait hal tersebut. Seperti misalnya ketika santri membentuk pasukan pemburu takjil menjelang buka puasa. Berjalan berombongan dengan santri lainnya untuk ke masjid-masjid yang menyediakan takjil gratis.

Pasti penuh suka duka. Kami berharap, kisah-kisah yang kami sajika bisa mengembalikan memori ketika masih nyantri. Dan, betapa kehidupan di pesantren plus kisah-kisahnya menjadi modal yang menuntun pada kehidupan saat ini.

Bisa juga kisah soal pesantrennya, kiai-kiai nya, gus- gus nya dan lain sebagainya. Termasuk kisah-kisah tak masuk akal yang dilakoni sang kiai. Cerita-cerita mengenai karomah sang kiai dan tokoh-tokoh di pesantren lainnya.

Redaksi juga menerima tulisan, kisah dan informasi menarik seputar Ramadan yang berkembang di masyarakat, khususnya di Bumi Wali. Silahkan mengirimkan ke email redaksi, bloktuban@gmail.com. (*)

 

 

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 15:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 11 December 2018 21:00

    Musydes, Warga Cendoro Terima JUT

    Musydes, Warga Cendoro Terima JUT Dalam rangka meningkatkan pembangunan infrastuktur desa dilaksanakan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban dan Serah Terima Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban di balai desa setempat, Senin...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more