Hilal Tak Terlihat, Masyarakat Diminta Tunggu Sidang Isbat Pusat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban gagal melihat hilal. Upaya melihat bulan untuk menetapkan awal puasa Ramadan 1439 H/2018 M ini terhalang kabut.

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid usai melakukan Rukyat menyatakan, bulan gagal terlihat di atas menara pantau Bukit Banyuurip, Kecamatan Senori. Menurut dia, tim sudah berusaha dengan maksimal namun, cuaca saat ini sedang mendung.

"Tim sudah usaha semaksimal mungkin. Namun tidak dipungkiri upaya ini dipengaruhi oleh cuaca," ujar Sahid di lokasi Rukyat, Selasa (15/5/2018).

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, suasana saat ini mendung sedang menggelayut di langit puncak Banyuurip. Hilal dengan umur 12 detik itu pun tidak bisa terlihat.

Kandati begitu, pihak Kemenag mengimbau, warga untuk menunggu sidang Isbat Pemerintah Pusat, melalui Kemenag. Selain itu pihaknya juga berpesan, agar masyarakat Muslim untuk melaksanakan puasa dengan tenang dan khusuk.

"Mari kita berlomba dalam hal kebaikan menghadapi bulan Ramadan tahun ini. Jalankan ajaran agama dengan baik sebagai makhluk hidup pribadi maupun sosial," pungkasnya menandaskan. [rof/col]