Panwas Perketat Pengawasan Rekrutmen KPPS

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban akan mengawasi secara intensif perekrutan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai besok Minggu (13/5/2018) hingga Sabtu (19/5/2018) mendatang.

"Melalui Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) kita akan perketat pengawasan, agar hasil rekrutmen dapat menjaring SDM yang berintregitas," tutur ketua Panwaslu Tuban, Masrukhin kepada blokTuban.com, Sabtu (12/5/2018).

Dijelaskan Masrukhin, setidaknya ada tiga hal yang akan menjadi atensi khusus untuk diawasi. Yakni terkait usia, kepesertaan partai politik, dan periodik jabatan menjadi penyelenggara pemilu.

"Setidaknya ada tiga hal yg perlu mendapatkan perhatian. Pertama umur minimal 17 tahun, tidak masuk anggota partai, dan belum dua kali periode menjabat KPPS," ulasnya panjang lebar.

Selain itu, pihaknya juga akan koordinasi dengan PPK melalui Panwascam untuk mengecek DNA partai politik. Jika semua sudah sesuai prosedur, dipastikan tidak ada persoalan.

"Jadi yang kaitannya dengan usia dan periodisasi jabatan KPPS, kita akan berkoordinasi dengan PPK. Sedang yang kaitannya dengan keanggotaan partai melalui cek DNA parpol," pungkasnya menandaskan. [rof/rom]