Pertamina MOR V Berharap Literasi Berkembang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) V Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) berharap kegiatan literasi berkembang di Tuban. Sebab, dengan kegiatan literasi, membaca misalnya, masyarakat semakin pintar dan terdidik. Membaca bisa menjadikan pengetahuan masyarakat semakin luas.

‘’Dan kami mendukung kegiatan tersebut untuk terus berkembang dan maju,’’ ujar perwakilan Pertamina TBBM Tuban Ersamto saat menghadiri workshop Literasi Digital Remaja yang digelar di MTs Manbail Huda Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu Jumat (11/5/2018).

Pertamina, kata dia, mendukung kegiatan masyarakat untuk mengembangkan literasi. Karena itu, perusahaan tempatnya bekerja memunculkan program Pertamina Peduli Literasi (Pertalit) hasil kerjasama dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP).

‘’Program ini bagian dari upaya Pertamina memberikan manfaat bagi masyarakat,’’ tambahnya.

Pertamina, lanjut dia, juga mendukung program pengembangan masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi dan kesehatan. Misalnya memberikan program pembuatan pakan ternak dari limbah jagung, membatik, dan membuat kerajinan bunga dari kulit jagung.

‘’Kami juga melakukan bedah rumah bekerjasama dengan TNI. Itu kami lakukan untuk mendorong masyarakat berdaya secara ekonomi dan tinggal di rumah yang layak huni. Program itu bagian dari CSR kami,’’ katanya.

Sementara, Manajer Program Pertalit Sri Wiyono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Pertalit. Di sekolah dikembangkan literasi digital, sedangkan di desa masyarakat diajak membaca buku menu dan praktik memasak dari buku menu tersebut. Sedangkan di sekolah dasar (SD) para siswa akan diajak untuk bermimpi masa depan dengan story telling.

‘’Semua kita garap, perpustakaan desa, sekolah dan masyarakatnya. Ada 7 titik sasaran progam ini, semoga bermanfaat,’’ harapnya.

Kepala MTs Manbail Huda Abdul Wafa mengucapkan terimakasih atas program itu. Dia berharap, sekolahnya yang menjadi salah satu penerima program semakin maju literasinya.

‘’Dua kader literasi yang sudah kami kirim dan dididik, semoga membuat kegiatan literasi di sekolah kami makin berkembang. Terimakasih atas kepercayaannya sehingga menjadikan sekolah kami sebagai salah satu titik sasaran program,’’ katanya.[hud/ono]