Dana BPNT Tuban Belum Ditransfer, Berikut Rencana Pencairannya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial (Dinsos) tengah kerja keras menyelesaikan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Hal itu dilakukan lantaran waktu penyaluran bantuan sudah mepet. 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A), Nur Jannah menuturkan bantuan pengganti Rastra tersebut bisa disalurkan sekitar akhir Mei. Sedang saat ini, pihaknya tengah menggenjot proses penyaluran KKS dengan menggandeng salah satu bank milik Negara, BNI. 

"Sekarang tahap penyaluran KKS. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) harus mengisi formulir pembukaan rekening BNI beserta pengaktifan ATM nya," jelas Nur Jannah kepada blokTuban.com, beberapa waktu lalu. 

Jika sudah tuntas, lanjut wanita ramah itu, tinggal menunggu kabar dari BNI, kapan bisa mulai mengambil sembako dengan kartu tersebut. Sementara itu, pihaknya mendapatkan info dari BNI, kartu sudah ada tapi dana BPNT nya belum ditransfer dari Pusat.

"Kalau menurut surat Kemensos, paling lambat 25 Mei sudah bisa nebus di agen-agen maupun E-Warung," tegasnya ketika dimintai jadwal pencarian.

Diberitakan sebelumnya, warga Tuban kurang sejahtera yang akan menerima BPNT 106.814 KPM. Mereka nantinya bakal menerima uang elektronik sebesar Rp110 ribu pada setiap bulannya dan hanya bisa dibelanjakan bahan pangan pada pedagang atau e-warong dan agen yang telah bekerjasama dengan bank penyalur. [rof/col]