Sungai Jadi Tong Sampah, Komunitas ISBAT Pasang Banner Pengingat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Satu di antara beberapa sungai di Bangilan masih difungsikan masyarakat sebagai 'tong sampah'. Sehingga kondisi tersebut membuat komunitas ISBAT (Informasi Seputar Bangilan Tuban) geram. 

Upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan pun akhirnya ia lakukan. Dengan memasang banner besar, mereka mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai Kali Kening. 

"Semoga setelah dipasang banner masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sungai ini sebagai sumber kehidupan," ujar Ketua Isbat, Mu'in kepada blokTuban.com usai melaksanakan pemasangan banner, Rabu (9/5/2018) sore. 

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan banner pengingat yang terpasang di atas jembatan Kali Kening atau sering disebut (Tretek Gembong) tersebut bertuliskan 'Anda Sehat??. Orang Sehat Tidak Buang Sampah di Kali. Kali Kening Bukan Tempat Pembuangan Sampah'. 

Dengan terpasangnya banner berukuran 6 X 1,5 meter tersebut, diharapkan budaya buang sampah di sungai bisa lenyap. Sebab jika dibiarkan akan terjadi pendangkalan dan kerusakan ekosistem sungai. 

Selama ini, ditambahkan pria yang juga seorang penyedia jasa bekam itu, anak Sungai Bengawan Solo tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah rumah tangga. Akibatnya bau tak sedap pun muncul dan membuat warga tak nyaman saat lewat. 

"Jika dibiarkan akan terjadi pendangkalan dan akibatnya banjir serta pencemaran lingkungan," pungkasnya menandaskan. [rof/lis]