Tumbuhkan Minat Baca, Ada Lomba Minat dan Budaya Baca

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional dan Hari Kunjung Perpustakaan, Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Tuban mengadakan kegiatan perlombaan minat dan budaya baca untuk tingkat PAUD sampai pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan umum.

Lomba tahunan yang rencananya diselenggarakan selama tiga hari tersebut bertujuan untuk memberikan pembelajaran dan pembinaan kepada generasi saat ini, terkait minat baca serta diharapkan bisa menggait minat baca masyarakat di perpustakaan.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini pengunjung atau pemustaka mempunyai keinginan untuk hadir mengunjungi perpustakaan," ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Tuban, Joko Prijono, Senin (7/5/2018).

Lebih lanjut, menurut Joko, saat ini perpustakaan tidak hanya melakukan paradigma lama, yakni meminjam buku dan membaca. tapi bagai mana saat ini perpustakaan juga difungsikan untuk keterlibatan masyakat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dihasilkan dari membaca.

"Hal itu untuk memberikan wawasan masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," sambung Joko.

Diketahui, dalam rangkaian kegiatan ini terdapat beberapa kategori perlombaan, diantaranya lomba merwarnai untuk jenjang PAUD, lomba melukis caping untuk jenjang TK/RA, lomba bercerita untuk jenjang SD/MI, lomba pidato Bahasa Inggris untuk jenjang SMP/MTs, lomba menulis artikel untuk jenjang SMA dan lomba Jingle Perpustakaan untuk umum.[hud/ito]