Minim Kios, Petani di Grabagan Belanja ke Sok‎o

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Demi memenuhi kebutuhan ‎olah lahan pertaniannya lebih maksimal, para petani di wilayah Kecamatan Grabagan sampai rela berburu barang pertanian, seperti pupuk, obat, hingga benih tanaman ke kios pertanian hingga ke Kecamatan Soko, Senin (7/5/2018).

Tak tanggung-tanggung, lebih dari 20 Kilo meter (Km) warga yang berada di atas perbukitan kapur Tuban selatan itu turun gunung mencari barang yang diinginkannya.

Penuturan petani di Kecamatan Grabagan menjelaskan, banyak dari warga yang memilih belanja kebutuhan pertanian langsung ke wilayah Kecamatan Soko disebabkan karena minimnya stok barang yang disediakan pada kios terdekatnya.

"Kalau wilayah sini setiap desa ada kios, tapi ya ‎stok nggak lengkap. Beda kalau di daerah Soko, lebih lengkap dan banyak jenis," ujar petani asal Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan, Jayun kepada blokTuban.com.

Dia menjelaskan, aneka jenis kebutuhan tani yang tersedia di kios-kios kecil pada setiap desa hanya menyediakan stok cukup saja. Jenis pupuk, bibit tanaman padi, jagung, cabai dan lainnya, bisa mudah didapatkan di kios yang lebih besar.

"Banyak dari kita yang belanja ke Soko. Kiosnya dekat dengan pasar desa setempat," pungkasnya.

Hal serupa juga ditambahkan‎ oleh Asmuni, petani di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan. Meskipun jarak tempuh cukup jauh, namun para petani tak menyerah begitu saja demi mendapatkan hasil yang terbaik dari pengerjaan sawahnya.

"Sebenarnya di Rengel ya ada kios. Hanya saja, kalau stok habis ya langsung menuju ke kios dekat Pasar Soko sana," ungkapnya. [feb/col]