Mapel Bahasa Indonesia Jadi Perhatian Serius SDN Rengel I

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Tiga mata pelajaran (Mapel) yang diujikan pada Ujian Nasional (UN) tinglat Sekolah Dasar (SD) sederajat, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tengah dipersiapkan lebih oleh lembaga, guru, beserta murid kelas VI yang akan mengerjakannya besok.

Kendati sudah dilatih dengan berbgai macam simulasi latihan soal, berikut pelaksanaan try out berbagai tingkatan, kebanyakan murid menghawatirkan soal Mapel Bahasa Indonesia. Pasalnya, butuh ketelitian khusus tentang identifikasi kata dalam soal.

‎Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Rengel I juga membenarkan hal tersebut. Hasil dari beberapa Try out yang diikuti oleh siswa, baik tingkat internal maupun kabupaten banyak menunjukkan hasil kurang memuaskan dalam Mapel Bahasa Indonesia.

"RataI-rata siswa kesulitan soal Bahasa Indonesia, sedangkan IPA dan Matematika termasuk lancar. Bahkan, try out kabupaten kemarin ada siswa yang dapat nilai sepuluh dalam soal Matematika, sempurna," ujar Ruslan Abdulgani, Kepsek SDN Rengel I, Rabu (2/5/2018).

Dia berpendapat, ‎bentuk soal Bahasa Indonesia harus dicermati, detail dalam setiap materi soal. Dalam hal itu, siswa terkadang kurang cermat mengerjakannya, "Apalagi soal yang diberikan tahun ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya. Ada lima soal‎ uraian yang harus ditulis pada LJU ‎terpisah oleh murid," tambahnya.

Menepis kesukaran siswa dalam mengerjakan UN hari pertama nanti, pihak sekolah telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari try out internal, tingkat kecamatan, hingga kabupaten telah banyak diikuti para siswa kelas VI, bersamaan evaluasi peningkatan per tahap. Hari berikutnya setelah pelaksanaan UN, pihaknya juga terus melakukan les tambahan materi pelajaran UN untuk persiapan ujian esok hari.

"Persiapan sudah matang seratus persen. Pihak sekolah beserta guru sudah berupaya maksimal, semoga anak-anak dalam mengerjakan UN besok bisa lancar," harapnya.‎ [feb/col]