Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Mulai besok, Rabu (3/5/2018) ratusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Tuban akan menggelar ujian sekolah berbasis nasional (USBN). Ujian akan berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (5/5/2018).

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban menyebutkan, ujian akan diikuti 203 lembaga MI negeri maupun swasta. Sementara lembaga yang absen menggelar USBN berjumlah 13 lembaga. 

"Ada 13 lembaga yang tidak ikut USBN besok," kata kepala Kemenag Tuban, Sahid kepada blokTuban.com, Rabu (2/5/2018)m

Saat ditanya alasan absennya lembaga tersebut, pihaknya menjelaskan lantaran tidak memiliki siswa yang duduk di kelas VI pada tahun ajaran 2017/2018 ini. Sementara itu, jumlah siswa-siswi MI yang akan menjalani USBN jumlahnya 4609 peserta didik. 

"Karena belum ada kelas VI, menjadi alasan lembaga tersebut tidak dapat menggelar USBN tahun ini," ulas Sahid, panjang lebar. 

Informasi lain yang berhasil dikumpulkan wartawan media ini, mata pelajaran yang akan diujikan selama tiga hari ke depan yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Sedangkan ujian susulan dijadwalkan mulai 7 hingga 9 Mei ke depan. [rof/col]