Ketua DPRD Minta Perbanyak Program Pendampingan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Kemampuan pemerintah kabupaten (pemkab) sangat terbatas untuk menjangkau dan melayani seluruh warganya. Karena itu, dibutuhkan partner dari pihak ketiga untuk mewujudkan visi misi. Segala sumber daya yang ada harus dimaksimalkan.

‘’Sumber daya pemerintah itukan terbatas. Karena itu, harus pandai-pandai mencari terobosan agar pemerintahan bisa berhasil,’’ ujar Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi.

Dalam bidang pendidikan misalnya, kata dia, beban kerja yang diemban dinas pendidikan sangat banyak. Selain mengurusi kurikulum dan kualitas pendidikan, masih disibukkan dengan menata pegawai dan infrastruktur. Sedangkan sumber daya manusia (SDM) di dinas tersebut terbatas.

“Karena itu kita butuh mitra kerja yang sejalan, untuk mencapai harapan bersama,’’ tambahnya.

Sekretaris DPC PKB Tuban ini berharap, program pendampingan untuk memberdayakan masyarakat harus terus ditingkatkan. Kegiatan seperti Pertamina Peduli Literasi (Pertalit) yang digagas Pertamina MOR V Jatimbalinus dan Yayasan Sedulur Pena (YSP) menurutnya sangat bagus. Sehingga, patut didukung dan diapresiasi.

“Program seperti Pertalit ini yang banyak kita butuhkan. Mereka tidak merepotkan pemkab dalam pembiayaan, namun konstribusinya besar untuk pemkab,’’ katanya.

Jika Pertalit dengan sokongan dana dari Pertamina MOR V Jatimbalinus menyasar pengembangan perpustakaan desa dan sekolah, serta literasi secara umum, Miyadi berharap ada program serupa dengan sasaran yang lain.

Jika seluruh perusahaan yang ada di Tuban punya program atau berfikir untuk mengembangkan masyarakat dengan melakukan pemberdayaan, lanjut dia, maka Tuban akan cepat maju. Karena itu, pria asal Montong, Tuban ini berharap, muncul program-program serupa dari perusahaan lain sehingga pemkab terbantu.

‘’ Pertalit sasarannya jelas, tujuannya juga baik, meningkatkan pengetahuan warga. Jika perusahaan lain menambah dengan program di bidang pemberdayaan ekonomi, peningkatan skill warga dan lainnya, pemkab akan sangat terbantu. Semoga program Pertalit meluas ke kecamatan lainnya, agar semakin pandai warga Bumi Wali ini,’’ harapnya.[hud/ono]