Disparbudpora Siapkan Program ‎Prioritas Bagi Pemuda

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Demi meningkatkan peran pemuda dalam sektor pembangunan ekonomi daerah, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) melalui Bidang Kepemudaan mulai menyiapkan program prioritas untuk pemuda.

Dalam hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Disparbudpora mengatakan, program prioritas tersebut selain melatih pemuda agar lebih produktif dalam memanfaatkan usia keemasannya, juga ikut meningkatkan taraf hidup karena angka kemiskinan di Kabupaten Tuban saat ini berada di posisi ke-5 termiskin di Jawa Timur.

"Tak hanya menyiapkan pemuda-pemuda pintar dan berbakat maupun pemuda pelopor yang eksistensinya sudah ada. Namun‎, secara langsung bisa menyentuh pemuda yang kurang mampu dengan segmentasi yang tak sama," ujar Kabid Kepemudaan, Listyo Utomo, SH. ST‎‎ kepada blokTuban.com.

Menurutnya, penangan pemuda satu dengan pemuda lainnya jelas tak bisa disamakan. Latar belakang pendidikan, kemampuan berorientasi, dan sumber daya pemuda ‎harus diolah signifikan, terus menurus untuk menemukan hasil maksimal.

Kendati demikian, belum tahu kapan pastinya program tersebut akan segera ditetapkan. Namun, pihaknya telah melakukan rancangan tentang program yang mengedepankan pemuda miskin itu.

"Keseluruhannya belum bisa diakomodir, tapi akan segera kita koordinasikan dengan pihak lain. ‎Kita butuh data yang kuat untuk menjaring pemuda-pemuda dalam pelatihan," pungkasnya.

Sementara itu, jika respon dan peluang program pemuda bisa terlaksana dengan baik dan signifikan, selanjutnya akan dikomunikasikan dengan‎ berbagai lintas instansi dan pemberdayaan pemuda lainnya. [feb/rom]