‎Jelang Musim Kompetisi, PO Soko Siapkan Atlet

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com-‎ Menjelang musim kompetisi kejuaraan pencak silat umum, yang selalu dihelat oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) demi mencari atlet berbakat dan memiliki kualitas tanggung, perguruan silat Pencak Organisasi (PO) Ranting Soko rupanya juga ikut mempersiapkan atlet-atletnya.

Dalam latihan bersama seluruh anggota PO se-Kecamatan Soko di sekitar lokasi Bumi Perkemahan Sendang Jegulo, Desa Jegulo, Kecamatan Soko, pihak pengurus perguruan berlambang keris lekuk lima itu menjajal kemampuan para atlet beserta calon atlet yang mayoritas usia pelajar.

"Di sini, kita punya banyak atlet dan calon atlet. Dari latihan bersama sejak pagi tadi, kita juga lakukan tes kemampuan serta uji coba atlet dan calon atlet juga, demi menghadai kejuaraan‎ PO dan kejuaraan umum terdekat lainnya," terang Suryadi selaku Penanggung Jawab PO Ranting Soko.

Selain itu, sambung lelaki berparas kalem nan tegas dari Badegan-Losari Kecamatan Soko tersebut, pencak silat tak hanya sebagai media pelestarian budaya bangsa serta olahraga beladiri, namun juga sebagai wadah penampung bakat dan prestasi generasi bangsa.

Senada dengan penuturan Ketua PO Cabang Tuban, Mashuri. Dalam konteks prestasi, pihaknya berharap agar para pesilat dari PO bisa semakin maju, lebih mendunia.

"Atlet kita juga sudah banyak yang sampai Nasional. Dari sini, kita memupuk adik-adik anggota yang baru untuk terus berlatih. Serta mensosialisasikan bahwa PO itu ‎memang ada dan diakui, lewat berbagai prestasi yang sudah diperoleh," papar Mashuri ketika ditemui blokTuban.com di lokasi terlenggaranya latihan bersama, Minggu (22/4/2018).

Tak hanya fisik dalam olah tubuh yang terus digembleng. Bersama pengurus yang lain, pihaknya juga terus membina para anggota PO supaya menjadi pribadi berkualitas, memiliki akhlak yang baik, serta sopan santun yang bisa diterapkan dalam norma-norma kehidupan bermasyarakat.

"Kita akan terus membina para generasi muda ini dalam PO, supaya berkehidupan baik sehari-harinya," pungkasnya menandaskan. [feb/col]